PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII

Naning Hartanti, Noraniza Bahratul Ilmi

Abstract


Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh di antara discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis dan minat belajar siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan angket. Tes berupa posttest dengan materi persamaan garis lurus kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 254 siswa. Dari pengambilan sampel tersebut, terdapat dua kelas yang terpilih yaitu kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan tes tertulis sebagai instrumen utama. Sebelum melakukan analisis perbedaan, terlebih dahulu diuji normalitas data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode uji t-test. Hasil menunjukkan bahwa jika nilai p kurang dari 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, sesuai ketentuan uji hipotesis. Sebaliknya, jika nilai p lebih dari 0,05 maka Ha ditolak dan H0 diterima. Dalam temuan penelitian ini, nilai signifikansi (p) sebesar 0,282, yang berarti lebih besar dari 0,05, sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Dengan demikian, siswa kelas VIII dari salah satu SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung memperoleh manfaat dari penerapan model discovery learning dapat menigkatkan kemampuan penalaran matematis dan minat belajar siswa pada materi persamaan garis lurus.


Keywords


Model Discovery Learning; Kemampuan Penalaran Matematis; Minat Belajar; Soal Persamaan Garis Lurus

Full Text:

PDF

References


Andriyani, F. and Wardani, H. (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran dan Minat Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII MTS Al-Mumtazirin.

Elvadola, C., Lestari, Y.D. and Kurniasih, T.I. (2022) ‘Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), pp. 31–38. Available at: https://doi.org/10.52217/pedagogia.v4i1.732.

Hikmah, S.N. (2021) ‘Hubungan Kecerdasan Numerik Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp’, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), pp. 33–39. Available at: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1065.

Isnaeni, R. et al. (2018) ‘Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus’, Journal of Medives, 2(1), pp. 107–115. Available at: http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/528.

Khairani, U. (2022) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Persamaan Garis Lurus’, Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 11(2), pp. 42–48. Available at: https://doi.org/10.24036/pmat.v11i2.13275.

Marfu, S. (2022) ‘Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa’, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, pp. 50–54. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.

Ndraha, I.S., Mendrofa, R.N. and Lase, R. (2022) ‘Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika’, Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), pp. 672–681. Available at: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92.

Nurmala, R., Samparadja, H. and Salam, M.A. (2018) ‘Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kendari’, 44(1), pp. 47–60.

Pristine Adi, D. (2022) ‘Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar’, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 19(2), pp. 151–157.

Rahmawati, A.I. and Nalurita, I.V. (2024) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa MTs. Ma’arif NU Assa’adah I Bungah’, Edukasi, 22(1), pp. 746–757. Available at: https://doi.org/10.33387/j.edu.v22i1.7814.

Rini and Desyandri (2020) Analisis Langkah Model Discovery Learning dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Available at: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd.

Salaswati, M. and Adirakasiwi, A.G. (2022) ‘Jurnal Didactical Mathematics Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Relasi dan Fungsi’. Available at: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm.

Sofiatunnisa, U. and Adirakasiwi, A.G. (2019) ‘Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel’, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), pp. 643–652.

Sofyan, A., Imamuddin, M. and Ramli, E. (2022) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas Xi Pada Materi Trigonometri, Jurnal Multidisiplin Ilmu.

Sugiyono (2022) ‘Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif)’, Metode Penelitian Kualitatif, pp. 1–274. Available at: http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.