PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA SISWA

Kristina Yusria Bukifan, Oyafianus Rindu, Anggerini Horlians Ina Wonga, Meryani Lakapu, Yohanes Ovaritus Jagom, Yustinus Didimus Nai

Abstract


Rendahnya kinerja siswa Indonesia dalam matematika pada penilaian internasional, seperti PISA, mengindikasikan adanya masalah dengan strategi pembelajaran yang digunakan di sekolah.   Keberhasilan belajar juga dipengaruhi oleh gaya belajar siswa, yang menunjukkan cara individu memahami dan menyerap informasi.   Kebutuhan mendesak untuk penyelidikan lebih lanjut ditekankan oleh kelangkaan penelitian tentang dampak gaya belajar terhadap prestasi matematika, khususnya pada tingkat sekolah menengah pertama (Siregar & Nababan, 2022).   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik terhadap kemampuan matematika siswa kelas VIII di SMPK Santo Yoseph Naikoten.   Penyelidikan ini menggunakan desain korelasional dan menerapkan metodologi kuantitatif.   Teknik pengambilan sampel total digunakan untuk memilih 13 siswa sebagai sampel.   Data diperoleh dengan memberikan kuesioner mengenai gaya belajar dan mendokumentasikan hasil ujian tengah semester.   Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji korelasi Spearman Rank digunakan untuk melakukan analisis data.   Temuan menunjukkan bahwa ketiga pendekatan pembelajaran tersebut tidak berdampak signifikan terhadap kinerja matematika siswa.   Meskipun gaya kinestetik adalah yang paling umum, semua gaya belajar memiliki dampak yang relatif seimbang.   Penelitian ini telah menghasilkan kesimpulan bahwa strategi pembelajaran yang dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar masih sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran secara keseluruhan.


Keywords


Gaya belajar; Matematika; Prestasi belajar; Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. B. (2020). Strategi pembelajaran berbasis gaya belajar untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Edukasi Matematika, 11(2), 109–118.

Fitriatien, D., & Astutik, S. (2022). Pengaruh penggunaan software MATLAB terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 45–54.

Hamdani, M., & Hidayat, A. (2021). Analisis pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 33–41.

Hidayati, S., & Kusumawati, D. (2023). Pembelajaran diferensiasi berbasis gaya belajar untuk meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 98–106.

Misliwati. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pelepat Muara Bungo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Islam, 6(2), 123–135.

Nada, Z. Q. (2025). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa tingkat SMP: Studi literatur. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(1), 1–9.

Nurnaifah, I. I., Mariani, A., & Nursyam. (2021). Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar fisika siswa SMAN 9 Pinrang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 17(1), 45–52.

OECD. (2022). PISA 2022 results (Volume I): The state of learning outcomes. Organisation for Economic Co-operation and Development.

Putri, R. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan antara gaya belajar dan pembelajaran aktif terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP II Luqman Al-Hakim Batam. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 211–220.

Sari, D. P., & Wibowo, R. (2022). Hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa SMP dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–35.

Supriyanti, A. (2020). Prediksi jumlah calon peserta didik baru menggunakan metode double exponential smoothing dari Brown (Studi Kasus: SD Islam Al-Musyarrofah Jakarta). Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(1), 56–62.

Yuliana, T. (2023). Implementasi model pembelajaran yang mengakomodasi gaya belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(1), 45–52.

Siregar, L. M., & Nababan, E. B. (2022). Analisis hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(2), 55–63.

Wulandari, S., & Hartono, R. (2020). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Surabaya. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 18(1), 77–85.

Utami, R., & Hasanah, N. (2023). Perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan gaya belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1), 12–21.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.