ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERBASIS HOTS PADA MATERI KESEBANGUNAN

Guido Stefano Jomar, Elfrida Olo Mau, Stiven Aloysius Tnesi, Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), khususnya pada materi kesebangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis HOTS serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan dua siswa kelas VII-D SMP Negeri 10 Kupang yang dipilih secara purposive dan diberi kode SB dan SK. Subjek SB memiliki karakter terbuka dan komunikatif dalam menjelaskan proses berpikir, sedangkan SK bersikap hati-hati dan konsisten selama pembelajaran. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua siswa mampu menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, serta menjawab soal akhir. Namun, SB belum mampu membangun dan menyelesaikan model matematika dengan benar, sedangkan SK telah mencoba membangun model tetapi masih melakukan kesalahan prosedur. Disarankan agar guru membimbing siswa dalam membangun model matematika yang tepat dan memberikan latihan soal kontekstual berbasis HOTS secara bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa

 


Keywords


Analisis Kemampuan; Soal Cerita Matematika; HOTS; Kesebangunan.

Full Text:

PDF

References


Abosalem, Y. (2015). Assessment techniques and students’ higher-order thinking skills. ICSIT 2018 - 9th International Conference on Society and Information Technologies, Proceedings, 4(1), 61–66. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20160401.11

Armadani, P., Kartika Sari, P., Abdullah, F. A., & Setiawan, M. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(1), 341–347.

Dr. Arif Rachman, Dr. E. Yochanan, D. I. A. I. S. (2024). Dan R & D..

Herman, T., Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131–1150. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276

Lestanti, M. M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dlaam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9343

Maharani, R., Rasiman, R., & Rahmawati, N. D. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 67–71. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3883

Novitasari, D., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 05(02), 1476–1487.

OECD. (2023). Hasil PISA 2022 Indonesia. Oecd. https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/indonesia-c2e1ae0e/

Rahmatika, Khairiani, & Nurul Akmal. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i1.497

Renata, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Liveworksheets Terhadap Higher Order Thinking Skill (Hots) Dan ….

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.215

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. S. N. astra. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat TinggiDalam Menyelesaikan Soal HOTSMata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 258–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392

Sinta, U. A., Roebyanto, G., & Nuraini, N. L. S. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Berbasis Hots Pada Pembelajaran Matematika di SDN Torongrejo 2. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p45-53

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).

Wijayaningtyas, E., & Sumardi. (2020). Analisis Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Yang Berorientasi Hots Siswa Smp Muhammadiyah 1 Sukoharjo. 233–252.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.