ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SD NEGERI 097359 PONDOK BARU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar di MIS SKB 3 Medan. Jurnal Pendidikan, 5(2): 139-150.
Apriyanto, M. T., & Herliana, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1(1): 135-144.
Azzahra, M. D., & Pramudiana, P. (2022). Pengaruh Quizizz Sebagai Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3): 3203-3213.
Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UPT UHAMKA Press.
Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring DI Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Pendidikan, 2(1): 55-61.
Djamarah, S. B. (2024). Hakikat belajar dan pembelajaran. Jurnal Mutiara, 17-37.
Haizatul, F., & Rahmat, K. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1): 466-476.
Harahap, N. S., & Jaelani, A. (2022). Etnomatematika Pada permainan Trdisional Engklek . Paradikma: Jurnal Pendidikan, 86-90.
Hasbiyallah. (2023). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Pustaka, 4(2).
Jamludin, S. S., N, P., & Syamsuddin, A. (2020). Pendidikan sebagai upaya pengembangan potensi perserta didik. Jurnal Pendidikan, 21(2): 123-134.
Khasanah, W. (2021). Kewajiban menuntut ilmu dalam islam . Jurnal Riset Agama, 1(2): 296-307.
Mulyasari, D. W., Abdusakkir, A., & Rosiknoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika "Permainan Engklek" Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1): 1-14.
Ningrum, C. R., Arini, R., Nurwati, A., & Leksono, S. M. (2023). Peranan Permainan Engklek Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Siswa Sekolah Dasar. Elementary School, 11(1): 152-160.
Nurliana Ariani, d. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Pratiwi, D. I., & Ubaedillah, U. (2021). Digital Vocabulary Class In English For Railway Mechanical . Teaching English With Technology, 67-88.
Putri, F. M., & Safrizal. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3 (1): 66-77.
Riswari, L. A., Elisa, S., & Rahmadhani, A. S. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas I SD Materi Penjumlahan dan pengurangan. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1): 11-20.
Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Iplementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari. Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3): 233-42.
Rohmah, S. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UAD PRESS.
Rosmita. (2020). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisi Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring di Kelas Va SDN Lembungsitu. DIKDAS MATAPA: Jurnal llmu Pendidikan Dasar, 3(2): 224.
Saputro, Wahyu, A., Deka, S., & Riswari, L. A. (2022). Rendahnya minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5): 1707-15.
Sarah, C., Karma, N., & Rosyidah, A. N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Gugus Ii Cakranegara. PROGRES PENDIDIKAN, 2(1): 13-19.
Siregar, A., Rahmayani, Z., Safira, N., Rahmah, A., Rahmaida, & Ritonga, H. P. (2023). Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian, Perkalian Pada Operasi Bilangan Bulat. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3 (2): 6248-6259.
Sriyahani, Yanika, Kuryanto, M. S., & Rondli, W. S. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Permainan Tradisional Di Desa Sitimulyo. 5(44): 16-23.
Sugianto, A., & Ulfah, N. (2020). Construing The Challangges And Opportunities Of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic: English Teachers' Voices. Journal Of English Language Teaching And Linguistics, 5(3): 363.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D . Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2022). METODO PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: ALFABETA.
Syaputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat an Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab.
Wahyuningsih, A., & Astuti, H. A. (2023). Etnomatematika: Analisis Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional Engklek. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1): 85-94.
Wardani, D. K., Kuryanto, M. S., & Riswari, L. A. (2024). Minat Belajar Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek. Prismatik: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6 (2): 422-432.
Yolandasari, R. (2020). Strategi pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.569
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |


