ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SD NEGERI 097359 PONDOK BARU

Fauza Shafira, Agus Junsion Naibaho, Salim Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 097359 Pondok Baru pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui permainan tradisional engklek. Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya minat belajar matematika yang disebabkan oleh persepsi negatif terhadap matematika, kurangnya dukungan orang tua, dan media pembelajaran yang kurang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri atas 15 siswa kelas IV yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan implementasi permainan tradisional engklek dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Permainan engklek mengintegrasikan aktivitas fisik dan interaksi kelompok yang menyenangkan selama empat pertemuan, yang membuat siswa lebih antusias, fokus, dan aktif berpartisipasi. Menurut hasil wawancara dan angket menunjukkan bahwa, siswa lebih tertarik dan termotivasi saat belajar matematika dengan media pembelajaran permainan tradisional engklek, sehingga pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan menjadi lebih baik. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan tradisional engklek efektif untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IV, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan guru mengintegrasikan permainan tradisional sebagai media pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna.

Keywords


Matematika; Minat Belajar; Penjumlahan dan Pengurangan; Permainan Tradisional Engklek.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar di MIS SKB 3 Medan. Jurnal Pendidikan, 5(2): 139-150.

Apriyanto, M. T., & Herliana, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1(1): 135-144.

Azzahra, M. D., & Pramudiana, P. (2022). Pengaruh Quizizz Sebagai Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3): 3203-3213.

Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UPT UHAMKA Press.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring DI Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Pendidikan, 2(1): 55-61.

Djamarah, S. B. (2024). Hakikat belajar dan pembelajaran. Jurnal Mutiara, 17-37.

Haizatul, F., & Rahmat, K. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1): 466-476.

Harahap, N. S., & Jaelani, A. (2022). Etnomatematika Pada permainan Trdisional Engklek . Paradikma: Jurnal Pendidikan, 86-90.

Hasbiyallah. (2023). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Pustaka, 4(2).

Jamludin, S. S., N, P., & Syamsuddin, A. (2020). Pendidikan sebagai upaya pengembangan potensi perserta didik. Jurnal Pendidikan, 21(2): 123-134.

Khasanah, W. (2021). Kewajiban menuntut ilmu dalam islam . Jurnal Riset Agama, 1(2): 296-307.

Mulyasari, D. W., Abdusakkir, A., & Rosiknoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika "Permainan Engklek" Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1): 1-14.

Ningrum, C. R., Arini, R., Nurwati, A., & Leksono, S. M. (2023). Peranan Permainan Engklek Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Siswa Sekolah Dasar. Elementary School, 11(1): 152-160.

Nurliana Ariani, d. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Pratiwi, D. I., & Ubaedillah, U. (2021). Digital Vocabulary Class In English For Railway Mechanical . Teaching English With Technology, 67-88.

Putri, F. M., & Safrizal. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3 (1): 66-77.

Riswari, L. A., Elisa, S., & Rahmadhani, A. S. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas I SD Materi Penjumlahan dan pengurangan. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1): 11-20.

Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Iplementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari. Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3): 233-42.

Rohmah, S. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UAD PRESS.

Rosmita. (2020). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisi Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring di Kelas Va SDN Lembungsitu. DIKDAS MATAPA: Jurnal llmu Pendidikan Dasar, 3(2): 224.

Saputro, Wahyu, A., Deka, S., & Riswari, L. A. (2022). Rendahnya minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5): 1707-15.

Sarah, C., Karma, N., & Rosyidah, A. N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Gugus Ii Cakranegara. PROGRES PENDIDIKAN, 2(1): 13-19.

Siregar, A., Rahmayani, Z., Safira, N., Rahmah, A., Rahmaida, & Ritonga, H. P. (2023). Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian, Perkalian Pada Operasi Bilangan Bulat. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3 (2): 6248-6259.

Sriyahani, Yanika, Kuryanto, M. S., & Rondli, W. S. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Permainan Tradisional Di Desa Sitimulyo. 5(44): 16-23.

Sugianto, A., & Ulfah, N. (2020). Construing The Challangges And Opportunities Of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic: English Teachers' Voices. Journal Of English Language Teaching And Linguistics, 5(3): 363.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D . Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2022). METODO PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: ALFABETA.

Syaputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat an Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab.

Wahyuningsih, A., & Astuti, H. A. (2023). Etnomatematika: Analisis Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional Engklek. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1): 85-94.

Wardani, D. K., Kuryanto, M. S., & Riswari, L. A. (2024). Minat Belajar Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek. Prismatik: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6 (2): 422-432.

Yolandasari, R. (2020). Strategi pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.