ANALISIS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN DATAR BERIMPLEMENTASI OBJEK GEOMETRI PADA ALAT MUSIK PERTUNJUKAN KUDA KEPANG DI SD NEGERI 107467 GUNUNG PARA

Shella Dwi Febriyanti, Agus Junsion Naibaho, Jubelando O Tambunan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 107467 Gunung Para, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan alat musik pertunjukan Kuda Kepang sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 107467 Gunung Para dalam memahami materi bangun datar, yang diukur melalui nilai pretest dan posttest sebelum dan sesudah perlakuan. Sebelum melaksanakan pretest dan posttest, peneliti melakukan uji validitas di sekolah lain yang berbeda dengan sekolah penelitian. Uji validitas ini dilakukan untuk mengetahui soal yang valid yang akan digunakan pada saat penelitian. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental berupa One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas IV SD Negeri 107467 Gunung Para. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi dan tes. Data menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 42,08 dan rata-rata posttest sebesar 82,16, yang mengindikasikan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam materi bangun datar. Hasil uji normalitas didapatkan bahwa Lhitung pretest sebesar 0,1052 dan Lhitung posttest sebesar 0,1605, sedangkan didapat Ltabel = 0,180. Hal ini menunjukkan bahwa Lhitung < Ltabel, sehingga data berdistribusi normal. Dari perhitungan uji homogenitas diketahui bahwa Fhitung sebesar 1,375091 dan Ftabel sebesar 1,98376, hasil ini menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel, maka data dikatakan homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai thitung (28,6793) lebih besar dari ttabel (2,064), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat musik pertunjukan Kuda Kepang sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 107467 Gunung Para pada materi bangun datar.

Keywords


Alat Musik Pertunjukan Kuda Kepang; Kreativitas Siswa; Materi Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Amin, N. F., Garancang, S., & Nawas, K. A. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. 14 (1), 15-31.

Ariyanti, N., Marleni, & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4 (4), 1450-1455.

Fatin, N. F., Umayyah, S., & Kowiyah. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Bangun Datar di Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8 (3), 44238-44243.

Ferliana, E. (2023). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Teknik Dalam Membentuk Berbasis Tematik Di Taman Kanak Kanak Paud An Nur Pugung Raharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Tarbiyah Jurnal : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. 1 (02).

Fitriyani, H., & Putri, A. D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Geometri Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Pubmedia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1), 1-8.

Hakim, A., Lukman, & Darmawan, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Juara SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1 (3), 195-199.

Hariyadi, S., & Muttaqin, M. F. (2020). Pemahaman Konsep Geometri Pada Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Etnomatematika Bangunan Cagar Budaya Kota Semarang. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 6 (3).

Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada STMIK Tidore Mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi dan Komputer). 2 (1), 23-29.

Murdiana, Jumri, R., & Damara, B. E. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 05 (02), 153-160.

Nugraha, I. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 17 (1), 39-47.

Nursriansyah, S., Kurniawan, H., & Astuti, E. P. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kesenian Tradisional Kuda Lumping Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Integratif. 5 (3), 138-164.

Saidah, I., Dwijanto, & J., I. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pascasarjana 2020 (pp. 1042-1045).

Setiawan, A., Faizin, A., Ngazizah, N., & Linda, R. F. (2021). Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Kesenian Kuda Kepang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2021 , (pp. 61-74).

Sinaga, W. P., Pandiangan, I. R., Pasaribu, A. A., Purba, J. R., & Sinaga, F. G. (2024). Perubahan Musik Pengiring Tari Jaran Kepang Dari Gamelan- Campur Sari . Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 7 (3), 7004-7007.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 9 (4), 2721-2731.

Sudarti, D. O. (2020). Mengembangkan Kreativitas Aptitude Anak dengan Strategi Habituasi dalam Keluarga. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. 5 (3), 117-127.

Sunaryati, T., Meilania, D. K., Lestari, F., Aliifah, S. N., & Saphira, V. N. (2024). Analisis Instrumen Tes dan Non Tes dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8 (2), 30461-30472.

Surya, C. M., Iskandar, Y. Z., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah). 2 (1), 78-89.

Zyra, S. N., Alamsyah, T. P., & Yuliana, R. (2022). Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 15 (2), 97 – 106.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.