PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR
Abstract
kegiatan belajar awal di luar kelas melalui video pembelajaran, sementara kegiatan di
dalam kelas difokuskan pada diskusi dan penerapan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model flipped classroom terhadap kemandirian belajar dan
hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Aljabar Linear. Penelitian ini menggunakan
metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek
penelitian adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika
Universitas Islam Sarolangun sebanyak 60 orang yang dibagi menjadi dua kelas. Data
dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemandirian belajar dan hasil
belajar mahasiswa setelah diterapkannya model flipped classroom. Dengan demikian,
model ini efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika tingkat perguruan
tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip
Your Classroom: Reach Every
Student in Every Class Every
Day. International Society for
Technology in Education.
Hamdan, N., McKnight, P., McKnight, K.,
& Arfstrom, K. M. (2013). A
Review of Flipped Learning.
Flipped Learning Network.
Hamid, A. (2020). Penerapan model
flipped
classroom
meningkatkan
motivasi
untuk
dan
kemandirian belajar mahasiswa.
Jurnal
Pendidikan
dan
Pembelajaran, 27(2), 112–120.
Lage, M. J., Platt, G. J., & Treglia, M.
(2000). Inverting the classroom: A
gateway to creating an inclusive
learning
environment.
The
Journal of Economic Education,
(1),
–43.
https://doi.org/10.1080/00220480
Rahayu, S., & Nugroho, A. (2021).
Pengaruh model pembelajaran
flipped classroom terhadap hasil
belajar
mahasiswa.
Jurnal
Pendidikan Inovatif, 8(1), 45–53.
Sari,
D.,
& Kurniawan, H. (2021).
Penerapan flipped classroom pada
mata kuliah kalkulus dasar untuk
meningkatkan partisipasi aktif
dan hasil belajar mahasiswa.
Jurnal Pendidikan Matematika,
(2), 123–134.
Yuliana, R. (2020). Pengaruh model
flipped
classroom
terhadap
motivasi dan kemandirian belajar
mahasiswa.
Jurnal
Ilmiah
Pendidikan, 6(1), 56–65.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a
self-regulated
learner:
An
overview. Theory into Practice,
(2),
–70.
https://doi.org/10.1207/s1543042
tip4102_2
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.576
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |


