PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR

Istiqomah Nur Ahya, Sri Mariana, Marnisyah Anas, Tri Asthi Wulandari, Elsa Amelia Putri, Dhea Naila

Abstract


Model flipped classroom merupakan pendekatan pembelajaran inovatif yang menempatkan
kegiatan belajar awal di luar kelas melalui video pembelajaran, sementara kegiatan di
dalam kelas difokuskan pada diskusi dan penerapan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model flipped classroom terhadap kemandirian belajar dan
hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Aljabar Linear. Penelitian ini menggunakan
metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek
penelitian adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika
Universitas Islam Sarolangun sebanyak 60 orang yang dibagi menjadi dua kelas. Data
dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemandirian belajar dan hasil
belajar mahasiswa setelah diterapkannya model flipped classroom. Dengan demikian,
model ini efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika tingkat perguruan
tinggi.

Keywords


Aljabar Linear; Flipped Classroom; Hasil Belajar ; Kemandirian Belajar.

Full Text:

PDF

References


Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip

Your Classroom: Reach Every

Student in Every Class Every

Day. International Society for

Technology in Education.

Hamdan, N., McKnight, P., McKnight, K.,

& Arfstrom, K. M. (2013). A

Review of Flipped Learning.

Flipped Learning Network.

Hamid, A. (2020). Penerapan model

flipped

classroom

meningkatkan

motivasi

untuk

dan

kemandirian belajar mahasiswa.

Jurnal

Pendidikan

dan

Pembelajaran, 27(2), 112–120.

Lage, M. J., Platt, G. J., & Treglia, M.

(2000). Inverting the classroom: A

gateway to creating an inclusive

learning

environment.

The

Journal of Economic Education,

(1),

–43.

https://doi.org/10.1080/00220480

Rahayu, S., & Nugroho, A. (2021).

Pengaruh model pembelajaran

flipped classroom terhadap hasil

belajar

mahasiswa.

Jurnal

Pendidikan Inovatif, 8(1), 45–53.

Sari,

D.,

& Kurniawan, H. (2021).

Penerapan flipped classroom pada

mata kuliah kalkulus dasar untuk

meningkatkan partisipasi aktif

dan hasil belajar mahasiswa.

Jurnal Pendidikan Matematika,

(2), 123–134.

Yuliana, R. (2020). Pengaruh model

flipped

classroom

terhadap

motivasi dan kemandirian belajar

mahasiswa.

Jurnal

Ilmiah

Pendidikan, 6(1), 56–65.

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a

self-regulated

learner:

An

overview. Theory into Practice,

(2),

–70.

https://doi.org/10.1207/s1543042

tip4102_2




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.