ANALISIS RENDAHNYA SPATIAL ABILITY SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG

Nurha Fifah Asmad, Usman Mulbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rendahnya spatial abality siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun ruang. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan menghimpun dan menganalisis berbagai artikel terkait spatial abality siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa spatial abality siswa masih tergolong rendah dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya gaya belajar, tipe kepribadian, serta metode pembelajaran yang digunakan. Siswa dengan gaya belajar visual dan kepribadian introvert cenderung memiliki spatial bality lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya belajar audiotori, kinestetik, maupun ekstrovert. Rendahnya spatial abality juga dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media visual, pembelajaran yang masih berpusat pada guru, serta penekanan pada hafalan rumus tanpa memahami konsep spasial secara mendalam. Berdasarkan temuan tersebut, diperlukan strategi pembelajaran yang kontekstual, berbasis visualisasi, serta memanfaatkan teknologi seperti media konkret maupun augmented reality untuk mengoptimalkan spatial abality siswa. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran matematika yang lebih efektif dan berorientasi pada peningkatan spatial abality siswa.

Kata kunci: Bangun ruang, , gaya belajar, kepribadian, pembelajaran matematika, spatial abality

Keywords


Bangun ruang; gaya belajar; kepribadian; pembelajaran matematika; spatial abality

Full Text:

PDF

References


Agzistasari, A., Zahroh, U., & Maryono. (2023). Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Tahapan Berpikir Van Hiele di SMP Negeri 1 Bandung Tulungagung. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 315-327.

Andela, S., Wahyuni, R., & Husna, N. (2024). Kemampuan spasial matematis siswa pada materi geometri ditinjau dari minat belajar siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 10(1).

Anissa, D., Utami, C., & Wahyuni, R. (2022). Hubungan Kemampuan Spasial Matematis dengan Minat Belajar Siswa pada Materi Geometri. VARIABEL, 5(2), 125-131.

Hisyam, Sukoriayanto & Sulandra. (2023). Penalaran Spasial Siswa SMP Pada Materi Geometri Bangun Ruang Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert, 7 (3), 2991-3005

Khofifah, Risalah & Sandie. (2022). Analisis Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Geometri Kelas VII, 1 (1), 58-64

Kirana, R., Hidayah, I., & Suyitno, A. (2024). Kemampuan spasial siswa pada model pembelajaran Van Hiele berbantuan media virtual ditinjau dari self-efficacy. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1662–1673.

Lestari, E., Wargani, S. K., & Silaban, F. A. (2023). Analisis kemampuan visual-spasial dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari gaya belajar siswa kelas X SMK Yadika 8 Jati Mulya. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(4), 150–162.

Mulyadi, Riyadi, & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman's Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(4), 370-382.

Nasruloh, A & Basir, MA. (2025). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif dalam Pemebelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality, 5 (2), 148-157

Perangin-angin, D. S., & Khayroiyah, S. (2021). Analisis kemampuan spasial visualization siswa pada materi geometri transformasi menggunakan aplikasi Zoom di SMA Persiapan Stabat T.P. 2020/2021. MAJU, 8(2), 389–398.

Permatasari, I., Pramudya, I., & Kusmayadi, T. A. (2018). Spatial ability of slow learners based on Hubert Maier theory. Journal of Physics: Conference Series, 983(012095). doi: 10.1088/1742-6596/983/1/012095

Pratiwi,TO & Budiman, I. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Balok dan Kubus Ditinjau dari Gaya Belajar, 6 (2), 131-140

Purborini, S. D., & Hastari, R. C. (2019). Analisis kemampuan spasial pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 49–58

Putra, G. V. H., Maya, R., Purwasih, R., Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMA dan SMK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Spasial Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1787-1796.

Rizqa, A., Syamsuddin, N., & Safrina, K. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Madrasah Aliyah. Journal Numeracy, 11(1), 70-83.

Sudirman, & Alghadari, F. (2020). Bagaimana mengembangkan kemampuan spasial dalam pembelajaran matematika di sekolah?: Suatu tinjauan literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60–72

Syahputra, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXII(3), 353-364.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.