ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan tiga jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan hitung (teknis). Kesalahan konsep muncul ketika siswa tidak memahami aturan tanda positif dan negatif dalam operasi bilangan bulat. Kesalahan prosedur terjadi karena siswa salah menerapkan langkah-langkah penyelesaian, misalnya dalam penggunaan garis bilangan dan aturan operasi campuran. Sementara itu, kesalahan hitung muncul akibat kurangnya ketelitian siswa dalam melakukan perhitungan. Faktor penyebab kesalahan antara lain lemahnya pemahaman konsep dasar, kebiasaan menghafal rumus tanpa memahami maknanya, serta kurangnya penggunaan media konkret dalam pembelajaran.
Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar guru lebih menekankan pemahaman konsep dalam pembelajaran bilangan bulat melalui penerapan media visual seperti garis bilangan dan strategi pembelajaran kontekstual. Dengan demikian, siswa tidak hanya menghafal prosedur, tetapi juga benar-benar memahami konsep dasar operasi bilangan bulat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gerieska, O. and Pratiwi, R. (2022) ‘ANALISIS K ESALAHAN DALAM PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 067249’, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), pp. 187–203.
Haryadi, R. and Andriati, N. (2019) ‘Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat’, (September), pp. 253–264.
Mahira, T. et al. (2023) ‘Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan’, (80), pp. 321–328.
Marqozi, M. (2023) ‘Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Senayang dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Bilangan Bulat’, 2, pp. 85–101.
Nurfitasari, N., Hastuti, I.D. and Mariyati, Y. (2024) ‘Analisis Kesalahan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan Kelas V SDN 4 Mataram’, JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 7(1), pp. 10–19. Available at: https://doi.org/10.47165/jpin.v7i1.651.
Rahayuningsih, S., Yanti, T. and Astuti, Y. (2020) ‘ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM ME NYELESAIKAN’, 22(September), pp. 133–141.
Saragih, D.I. et al. (2025) ‘Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan pada Siswa Kelas IV SDS Pardamean , Kec . Medan Area , Kota Medan , Sumatera Utara’, Jurnal Intelek Insan Cendikia, pp. 5034–5041.
Sumantri, H. and Irmayanti, Y. (2023) ‘ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT’, Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), pp. 280–287.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.586
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |


