ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Teodora Basi Ina Sogen, Maria Gracia Manoe Gawa, Katarina Jelena Vasili Nggonde

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VII SMP NCIPS Kupang pada semester ganjil tahun ajaran 2025/2026. Subjek penelitian terdiri dari delapan siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes diagnostik matematika pada materi bilangan bulat. Data dikumpulkan melalui tes uraian dan wawancara mendalam, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan tiga jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan hitung (teknis). Kesalahan konsep muncul ketika siswa tidak memahami aturan tanda positif dan negatif dalam operasi bilangan bulat. Kesalahan prosedur terjadi karena siswa salah menerapkan langkah-langkah penyelesaian, misalnya dalam penggunaan garis bilangan dan aturan operasi campuran. Sementara itu, kesalahan hitung muncul akibat kurangnya ketelitian siswa dalam melakukan perhitungan. Faktor penyebab kesalahan antara lain lemahnya pemahaman konsep dasar, kebiasaan menghafal rumus tanpa memahami maknanya, serta kurangnya penggunaan media konkret dalam pembelajaran.
Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar guru lebih menekankan pemahaman konsep dalam pembelajaran bilangan bulat melalui penerapan media visual seperti garis bilangan dan strategi pembelajaran kontekstual. Dengan demikian, siswa tidak hanya menghafal prosedur, tetapi juga benar-benar memahami konsep dasar operasi bilangan bulat.

Keywords


Analisis Kesalahan; Operasi Hitung; Bilangan Bulat; Kesalahan Konsep; Kesalahan Prosedur

Full Text:

PDF

References


Gerieska, O. and Pratiwi, R. (2022) ‘ANALISIS K ESALAHAN DALAM PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 067249’, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), pp. 187–203.

Haryadi, R. and Andriati, N. (2019) ‘Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat’, (September), pp. 253–264.

Mahira, T. et al. (2023) ‘Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan’, (80), pp. 321–328.

Marqozi, M. (2023) ‘Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Senayang dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Bilangan Bulat’, 2, pp. 85–101.

Nurfitasari, N., Hastuti, I.D. and Mariyati, Y. (2024) ‘Analisis Kesalahan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan Kelas V SDN 4 Mataram’, JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 7(1), pp. 10–19. Available at: https://doi.org/10.47165/jpin.v7i1.651.

Rahayuningsih, S., Yanti, T. and Astuti, Y. (2020) ‘ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM ME NYELESAIKAN’, 22(September), pp. 133–141.

Saragih, D.I. et al. (2025) ‘Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan pada Siswa Kelas IV SDS Pardamean , Kec . Medan Area , Kota Medan , Sumatera Utara’, Jurnal Intelek Insan Cendikia, pp. 5034–5041.

Sumantri, H. and Irmayanti, Y. (2023) ‘ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT’, Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), pp. 280–287.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.