STUDI LITERATUR: ANALISIS PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Lidia Aprilia Tangdilintin, Usman Mulbar

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena menuntut siswa untuk mengenali masalah, menganalisis informasi, merancang langkah penyelesaian, dan menerapkan strategi yang tepat untuk menemukan solusi. Namun, hasil studi internasional seperti TIMSS dan PISA menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor internal yang memengaruhi hal tersebut adalah kecemasan matematis (math anxiety), yaitu perasaan takut atau tegang yang muncul saat menghadapi aktivitas matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mensintesis berbagai hasil penelitian terrdahulu mengenai pengaruh kecemasan matematis siswa teradap kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif terhadap sumber-sumber ilmiah relevan dalam enam tahun terakhir. Hasil telaah menunjukkan bahwa kecemasan matematis berpengaruh negatif secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah di berbagai jenjang pendidikan. Semakin tinggi tingkat kecemasan siswa maka semakin rendah kemampuan pemecahan masalah siswa. Kecemasan ini mengganggu fungsi kognitif seperti memori kerja yang penting dalam proses berpikir logis. Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan strategi pembelajaran yang menumbuhkan rasa percaya diri dan suasana belajar yang menyenangkan untuk menekan kecemasan serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Keywords


Literature Study, Math Anxiety, Problem Solving Ability

Full Text:

PDF

References


Afifah, S. N., Fatah, A., & Rafianti, I. (2020). Efikasi diri, kecemasan matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran berbasis saintifik. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 29–38.

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Astuti, Y., & Pratama, W. (2025). Hubungan Antara Kecemasan Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA di Masa Pascapandemi. Journal of Modern Social and Humanities, 1(3), 98-103.

CANDRA, A., PRIYARSONO, D., ZULBAINARNI, N., & SEMBEL, R. (2021). Literature review on merger and acquisition. Estudios de Economia Aplicada, 39(4), 1–12. https://doi.org/10.25115/eea.v39i4.4627

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Kemampuan matematis pemecahan masalah siswa dalam penyelesaian soal tipe numerasi AKM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Tingkat Kecemasan Matematis pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan Matematik Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205–214. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp205-214

Kameubun Baromea, Mahendra Faisal, Supriadi, & Al-Lahmadi Najmi. (2023). 5.+Pengaruh+Tingkat+Kecemasan+Siswa+Terhadap+Kemampuan+Pemecahan+Masalah+Matematis+(1). Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–49.

Khairunnisa, E., & Fitri, A. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas 11 SMA Negeri 1 Bojong. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Mulawarman, 3, 49–54. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm

Lasdianto, J. R., & Abadi, A. P. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–102.

Lestari, H., Fitriza, R., & A, H. (2020). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII MTs. Math Educa Journal, 4(1), 103–113. https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.1325

Laurenza, D., & Rosyid, A. (2025). Pengaruh Kecemasan Matematis (Mathematic Anxiety) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas V SDS Kasih Bagi Bangsa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), 1607-1613.

Nurussalamah, N. A., Mustafa, A. N., & Jaenudin. (2024). Hubungan antara Kecemasan Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 152–160.

Putri, N. S., & Rezeki, S. (2025a). Pengaruh Kecemasan Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(2), 681–696. https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i2.3157

Rafianti, I., Afifah, S. N., & Abdul Fatah. (2020). Efikasi Diri, Kecemasan Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Saintifik. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 29–38. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.215

Rahmani, I., Amrullah, A., Kurniawan, E., & Sarjana, K. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 449–455. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2082

Ratna, & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1121

Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750

Rosowati, H., Rahmadhani, M., & Amaliyah, F. (2025). Pengaruh Kecemasan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 444-452.

Salsa Bela Anggraini, Fatikhul Ummam, Melda Puspita Sari, & Fitriyah Amaliyah. (2024). Pengaruh Tingkat Kecemasan Matematika terhadap Hasil Tes Penalaran Matematis pada Siswa Kelas V SD 5 Mejobo. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(4), 128–136. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i4.164

Sari, D. P., Rahmat, T., Aprison, W., & Fitri, H. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika ( Math Anxiety ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MtSN 6 AGAM Tahun Pelajaran 2020 / 2021. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2514–2526.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(August), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Sundari1, S., & , Muhammad Syahrul Kahar2, E. G. E. (2021). Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa cenderung rendah, sehingga berdampak pada kemampuan dalam menerjemahkan substansi pembelajaran yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa menggunakan. 10(4), 2726–2735.

Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1916




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.