PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA SISWA

Kristina Yusria Bukifan, Kristoforus Djwa Djong, Rinda Olla

Abstract


Tujuan peineilitian ini adalah untuk meinilai dampak motivasi beilajar teirhadap keibeirhasilan mateimatika siswa keilas VIII di SMP Neigeiri 6 Kupang Teingah Satu Atap. Peindeikatan yang digunakan adalah kuantitatif, meinggunakan deisain reigreisi linieir dasar dan ukuran sampeil 22 siswa. Data dipeiroleih meinggunakan kueisioneir motivasi beilajar dan nilai teis mateimatika harian, yang keimudian dianalisis meinggunakan uji koreilasi Peiarson dan reigreisi linieir seideirhana dalam SPSS. Hasil peineilitian meinunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi beilajar dan preistasi mateimatika (r = 0,668; Sig. = 0,001) deingan kontribusi seibeisar 44,6%. Disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin tinggi pula prestasi matematika yang dicapai.

Keywords


motivasi belajar; prestasi matematika; regresi linear sederhana

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman.

Djamarah, S. B. (2017). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fane, & Sugito. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi matematika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123–131.

Fitriani. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Tarakan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 45–52.

Nugraha, A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Bandung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 210–218.

OECD. (2022). PISA 2022 results: Learning mathematics. Paris: OECD Publishing.

Pajares, F., & Graham, L. (1999). Self-efficacy, motivation constructs, and mathematics performance. Contemporary Educational Psychology, 24(2), 124–139.

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in education: Theory, research, and applications. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Putri, D., & Yuliani, R. (2021). Motivasi intrinsik dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan, 13(1), 55–64.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. New York: Guilford Press.

Santrock, J. W. (2018). Educational psychology (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2014). Motivation in education: Theory, research, and practice (4th ed.). Boston: Pearson.

Siregar, E., & Nara, H. (2018). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: Konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Suprijono, A. (2016). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, H. B. (2019). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (2017). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory into Practice, 41(2), 64–70.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.