KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIPS

Heddidayani Manalu, Risma Simamora, Akhmad Faisal Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa laki-laki dan perempuan dalam mengerjakan soal PISA berdasarkan indikator kemampuan penalaran. dalam penelitian ini populasi yang peneliti ambil adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 3 Kota Jambi. hasil penelitian yang diproleh nilai rata-rata laki-laki 66,85 sedangkan rata-rata siswa perempuan 70,18. berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis yang pertama, siswa laki-laki masih melakukan kesalahan dalam menuliskannya sedangkan siswa perempuan dalam mengajukan dan menuliskan dugaan sudah lengkap.Berdasarkan indikator kedua, siswa laki-laki dapat menentukan pola, sedangkan pada siswa perempuan cenderung banyak melakukan kesalahan dalam menentukan dan membuat pola.Berdasarkan indikator ketiga,dalam membuat manipulasi matematika siswa laki-laki melakukannya dengan langkah-langkah singkat,sedangkan siswa perempuan melakukannya dengan lengkap dan disertai satuan untuk setiap penulisannya.sedangkan untuk indikator keempat yaitu menarik kesimpulan, laki-laki dan perempuan tidak dapat melakukannya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.