PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 KOTA JAMBI

Junaini Junaini, M. Rusdi M. Rusdi, Muslim Muslim

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa dalam proses pembelajaran matematika di SMAN 2 Kota Jambi, kurang melatih kemampuan argumentasi dan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tindakan pembelajaran guru dalam menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan arumentasi matematika peserta didik, 2) Mengetahui tindakan belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran model PBL untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika, 3) Mengetahui lingkungan belajar yang seharusnya diciptakan agar penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan argumentasi matematika peserta didik kelas X SMAN 2 Kota Jambi pada materi Nilai Mutlak, SPLTV, pertidaksamaan rasional, pertidaksamaan irasional dan SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model John Elliot dan terdiri dari empat tahap; perencanaan (Planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (Reflecting). Metode penelitiannya adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tindakan pembelajaran yang dilakukan guru dan tindakan belajar peserta didik dalam model PBL untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika peserta didik, memiliki tahapan yaitu; mengorientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, 2) lingkungan belajar yang seharusnya diciptakan agar penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan argumentasi matematika peserta didik adalah lingkungan belajar sosiol-psikologis yang menimbulkan suasana pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i1.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.