PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI

Rani Ulandari, Hasan Basri Said, Eni Defitriani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal open ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran yang valid dan reliabel. Penngembagnan soal open ended ini sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dengan demikian diharapkan dapat memperkaya bahan ajar yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu; analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa (a) lembar validasi untuk ahli materi, (b) angket respon siswa yang berfungsi untuk menentukan kevalidan soal, dan (c) soal open ended berfungsi untuk menentukan kevalidan, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Penelitian ini telah menghasilkan 5 soal open ended pokok bahasan lingkaran. Hasil uji validitas menunjukkan soal open ended yang dikembangkan valid yang dilihat dari persentase hasil perhitungan lembar validasi ahli materi yaitu 87%, uji perorangan yaitu 87%, uji kelompok kecil yaitu 93%. Soal nomor 1, validitasnya adalah 0,62, reliabilitas 0,6375, tingkat kesukaran 0,88, daya beda 0,21. Soal nomor 2 dengan validitas 0,85, reliabilias 0,6375, tingkat kesukaran 0,78, daya beda 0,41. Soal nomor 3 dengan validitas 0,63, reliabilitas 0,6375, tingkat kesukaran 0,50, daya beda 0,50. Soal nomor 4 dengan validitas 0,70, reliabilitas 0,6375, tingkat kesukaran 0,86, daya beda 0,21. Soal nomor 5 dengan validitas 0,38, reliabilitas 0,6375, tingkat kesukaran 0,54, daya beda 0,27. 2 soal dikategorikan terpakai 2 soal dikategorikan soal diperbaiki dan 1 soal tidak terpakai.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i1.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.