PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 KERINCI

Sabri Amin, Kamid Kamid, Muhaimin Muhaimin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa agar aktif dalam prose pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran yang tepat guna dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan gaya belajar terhadap hasil belajara siswa. Penelitian ini menggunakan qusi eksperimen dengan rancangan non equivalen pre-test and pos tes control group desigt. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes soal untuk melihat hasil belajar matematika siswa dan angket gaya belajar untuk melihat gaya belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non parametrik dengan  Kruskal-wallis pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe stad dengan pendekatan konvensional halini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis kruskal-walis adalah nilai Asyim.sig  < 0,05 maka dapat diketahui 0,018 < 0,05 terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 19 Kerinci. Tidak terdapat pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 19 Kerinci hasil uji dapat dilihat dari  nilai Asym.sig > 0,05 maka dapat diketahui 0,980 > 0,05 tidak terdapat pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Tidak terdapat interksi antara model pembelajaran koperatif tipe STAD dan gaya belajar siswa SMP Negeri 19 Kerinci. Rata-rata hasil belajaran pada kelas yang menggunakan model STAD 68,29, kelas yang menggunakan model STAD dengan media 69,34, dan sedangkan kelas yang menggunakan pedekatan konvensional 61,04.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.