MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KPK DAN FPB DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS VI SD NEGERI 174/X TRI MULYA

Yantomaisuardi Yantomaisuardi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi KPK dan FPB dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual di Sekolah Dasar Negeri 174/X Tri Mulya, Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek Penelitian Ini Adalah siswa Di Sekolah Dasar Negeri 174/X Tri Mulya, Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Propinsi Jambi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil evaluasi dikonversikan dengan tabel hasil penyampaian tes belajar siklus I. Hasil konversi menyatakan bahwa penelitian belum mencapai target, perlu dilanjutkan dengan siklus II. Hasil observer pada tahap pelaksanaan siklus II menunjukkan bahwa semua bagian dalam kegiatan pembelajaran sudah berlangsung dengan baik, sehingga tidak ada lagi bagian kegiatan pembelajaran yang perlu diperbaiki. Sedangkan hasil siklus II yang dikonversikan dengan hasil tabel tes belajar menyatakan bahwa penelitian sudah mencapai batas target kriteria ketuntasan belajar yakni sebesar 93,3 dan terjadi peningkatan rata-rata yaitu 50,4 pada kondisi awal perbaikan menjadi 54,2 pada siklus I, dari 54,2 menjadi 75,9 pada siklus II. Dari perbandingan rata-rata menyatakan bahwa kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 174/X Tri Mulya, Tahun Ajaran 2019/2020.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i1.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.