ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MATERI PERSAMAAN GARIS LURU
Abstract
Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran matematika di kelas VIII hal ini perlu di teliti secara baik oleh peneliti dan di tinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengnalisis pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di lakukan di MTS Miftahulhuda tegal waru Karawang, yang di lakukan di kelas VIII semester ganjil Tahun ajaran 2021-2022. Sample pada penelitian ini berjumlah 8 orang. Instrumen pada penelitian ini berupa soal untuk mengukur pemahaman konsep matematis dan angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian: (1) Pada pemahaman konsep matematis, siswa rata-rata mempunyai pemahaman yang cukup dimana sebagian siswa dapat mengerjakan soal yang di berikan walau belum sesuai dengan indikator pemahaman konsep (2)kemandirian belajar yang di miliki siswa rata-rata kategori sedang dimana kemandirian belajar siswa terbilang cukup baik (3) Siswa dengan pemahaman konsep kategori tinggi mempunyai kemandirian belajar kategori tinggi, siswa dengan pemahaman konsep kategori sedang mempunyai kemandirian belajar kategori sedang, dan siswa dengan pemahaman konsep rendah mempunyai kemandirian belajar sedang dan rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Khairunnisa, N. C. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Jurnal Unsika, 2(1), 546–554.
kiki sania e. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok.Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4),87–94.
Kristanti.R, F., Isnarto, & Mulyono. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. Seminar Nasional Pacasarjana (Prosnanpas), 2(1), 618–625.
Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP Pendahuluan. 02(01), 55–70.
Qalbu, N. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vi sdit nurul hikmah tanjung jabung timur skripsi [UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi]. https://doi.org/http://repository.uinjambi.ac.id/8050/
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114.
Yuliana, Surhamat, & halim fathani, A. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan kemandirian belajar pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) peserta didik VIII MTS Ash-Sholihudin Dampit. 16(12), 64–73.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i1.178
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |