ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR

Muhammad Alvin Murtado, Fury Styo Siskawati, Sholahudin Al Ayubi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik ditinjau dari tingkatan nilai hasil belajar. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek 3 peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 3 tingkatan nilai hasil belajar. Yaitu subjek dengan hasil belajar tinggi menguasai setidaknya 5 sampai 6 dari indikator yang digunakan. Sedangkan untuk subjek dengan hasil belajar sedang menguasai setidaknya 3 sampai 4 indikator yang digunakan. Serta untuk subjek rendah telah mampu menguasai beberapa indikator kemampuan pemahaman konsep yang digunakan. Hal tersebut dapat dilihat dimana subjek telah menguasai setidaknya 1 sampai 2 indikator yang digunakan


Keywords


analisis, pemahaman konsep matematis, tingkatan nilai hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Achdiyat,M & Utomo R. 2018. Kemampuan numerik dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 7(3).

Alfitry,Shilfia.2020. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran. Pekanbaru: Guepedia

Amin. 2022. “Peningkatan hasil belajar matematika melalui model KOLB pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Arrahman Patimpeng. Formosa Journal of applied Scienes. 1(4), 441-460

Chotimah.2014. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Peserta didik SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. Prosiding seminar Nasional Pendidikan Matematika. 217-223

Djamaluddin,Ahdar & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaffah Learning Center

Elza Nora Yuliani, Z. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas VIII Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.

Heris, Hendriana, dkk 2017. Hard Skil And Soft Skil Matematika Peserta didik. Bandung: PT Refika Aditama

Hidayat,Adityawarman & Indra Irawan. 2017.”Pengembangan Lks Berbasi Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik. Jurnal Cendekia.1(1),51-63.

Isnaini,Nur Utami & Sudirman Sukoriyanto. 2021.”Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik pada Materi Komposisi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.10(1),1-13.

Kartika,Y. 2018.”Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai,2(2),777-785.

Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Syarifah. 2014. Minat Belajar Peserta didik Sistematis, Jakarta: PT. Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i1.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.