ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik ditinjau dari tingkatan nilai hasil belajar. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek 3 peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 3 tingkatan nilai hasil belajar. Yaitu subjek dengan hasil belajar tinggi menguasai setidaknya 5 sampai 6 dari indikator yang digunakan. Sedangkan untuk subjek dengan hasil belajar sedang menguasai setidaknya 3 sampai 4 indikator yang digunakan. Serta untuk subjek rendah telah mampu menguasai beberapa indikator kemampuan pemahaman konsep yang digunakan. Hal tersebut dapat dilihat dimana subjek telah menguasai setidaknya 1 sampai 2 indikator yang digunakan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiyat,M & Utomo R. 2018. Kemampuan numerik dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 7(3).
Alfitry,Shilfia.2020. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran. Pekanbaru: Guepedia
Amin. 2022. “Peningkatan hasil belajar matematika melalui model KOLB pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Arrahman Patimpeng. Formosa Journal of applied Scienes. 1(4), 441-460
Chotimah.2014. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Peserta didik SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. Prosiding seminar Nasional Pendidikan Matematika. 217-223
Djamaluddin,Ahdar & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaffah Learning Center
Elza Nora Yuliani, Z. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas VIII Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.
Heris, Hendriana, dkk 2017. Hard Skil And Soft Skil Matematika Peserta didik. Bandung: PT Refika Aditama
Hidayat,Adityawarman & Indra Irawan. 2017.”Pengembangan Lks Berbasi Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik. Jurnal Cendekia.1(1),51-63.
Isnaini,Nur Utami & Sudirman Sukoriyanto. 2021.”Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik pada Materi Komposisi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.10(1),1-13.
Kartika,Y. 2018.”Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai,2(2),777-785.
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Syarifah. 2014. Minat Belajar Peserta didik Sistematis, Jakarta: PT. Rineka Cipta
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i1.265
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |