PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI

Yumaika Saraswati, Harman Harman, Sri Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adakah pengaruh minat belajar terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas IX SMPN 6 Kota Jambi, 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas IX SMPN 6 Kota Jambi, 3) adakah pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas IX SMPN 6 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti populasi dan sampel tertentu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 6 Kota Jambi, sedangkan sampel yang dipilih dengan teknik random sampling adalah siswa kelas IX SMPN 6 sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket untuk minat dan motivasi belajar, tes untuk kemampuan literasi matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan literasi matematika dengan nilai signifikansi sebesar 0,028  0,05 dan  sebesar 2,245, 2) tidak terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan literasi matematika dengan nilai signifikansi sebesar 0,706  0,05 dan  sebesar -0,378, 3) terdapat pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap kemampuan literasi matematika dengan nilai signifikansi sebesar 0,014  0,05 dan  sebesar 4,490. Minat dan motivasi belajar berpengaruh sebanyak 10,4% terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas IX SMPN 6 Kota Jambi sedangkan selebihnya 89,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Keywords


Minat, Motivasi Belajar, Kemampuan Literasi Matematika

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus dkk. (2018) Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara.

Apipah, Salisatul. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik dengan Self Assesment. Klaten : Tahta Media Group.

Hendriana, Heris dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung : Refika Aditama.

Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. (2016). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Mahdiansyah dan Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Jenjang Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4) : 456.

Muti'ah, Rahma, dkk. (2020). Literasi Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Deepublish.

Rodhi. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Transformasi. Jurnal Profesi Keguruan. 7 (2) : 167-177.

Setiawan, Hasrian Rudi dan Danny Abrianto. (2021). Menjadi Pendidik Profesional. Medan : UMSU Press.

Srijadi Gowa, dkk. (2022). Hubungan antara Minat, Motivasi Belajar dan Pengetahuan Literasi Siswa terhadap Hasil Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Insight: Indonesian Journal of Social Studies and Humanities. 2 (1) : 71-84.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V Wiratna. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

//




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i1.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.