PERBANDINGAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X IPA SMA ADHYAKSA 1 JAMBI

Dona Alvionita Putri, Eni Defitriani, Relawati Relawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas X SMA Adhyaksa 1 Jambi yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap materi pembelajaran dengan menerapkan dua model pembelajaran yaitu, Model Quantum Teaching dan Model Pembelajaran Langsung, serta melihat mana yang lebih baik antara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Adhyaksa Jambi tahun ajaran 2022/2023, sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh dua kelas sampel yang diberi perlakuan yang berbeda. Kelas sampel tersebuat adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Setelah dua kelas sampel diberikan perlakuan yang berbeda, pada akhir penelitian diberikan tes akhir (post-test). Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen adalah 77,43 dengan simpangan baku 10,14 dan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol 71,67 dengan simpangan baku 10,54, serta hasil dari uji hipotesis diperoleh  dan  pada taraf nyata 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut terlihat bahwa  dengan demikian  diterima, artinya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui Model Quantum Teaching lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis melalui Model Pembelajaran Langsung.

 


Keywords


Model Quantum Teaching; Model Pembelajaran Langsung; Pemahaman Konsep Matematis

Full Text:

PDF PDF

References


Alatas, Fathiah. 2018. Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon & Sarah Singer-Nourie. 2014. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Djamaluddin, Ahdar. dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.

Febriyanto, Budi. Yuyun Dwi Haryanti. dan Oom Komalasari. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II SD. Jurnal Cakrawala Pendas. 4(2).

Helmiati. 2016. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kartika, Yuni. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan. 2(4).

Muttaqin, Moh Faisol. Sulton. dan Zinul Abidin. 2018. Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Nasution, Nurliana. Nizwardi, Jalinus. dan Syahril. 2019. Buku Model Blended Learning. Rumabai: Anugrah Jaya.

Purwanti, Ririn. dan Supriyono. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal FIP UNESA.

Rosmi, Nuril. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N 3 Pulau Jambu. Jurnal PAJAR. 1(2).

Setiawan, M Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Siahaan, Theresia Monika. 2021. Model Pembelajaran Quantum Teaching. Malang: Ahlimedia Press.

Sidik, Moch Ilham. Dan Hendri Winata. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1).

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Supartini, Komang Wiwik. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Direct Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Food and Beverage Pada Kompetensi Menerapkan Teknik Platting dan Garnish. Journal of Education Action Research. 5(2).

Suryanti, Wiwin. dan Tri Nova Hasti Yunianta. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Getasan. Jurnal Mitra Pendidikan. 2(1).

Yanti, Nurmaliza. dkk. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Skala Kelas V SD N 2 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies. 2(2).

Yuliani, Elza Nora. Zulfah. dan Zulhendri. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP N 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia. 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i1.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.