PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Elina Agustin, Endah Budi Rahadju, Taufik Hidayat

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang sering dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Hal ini dikarenakan matematika yang bersifat abstrak, sehingga peserta didik kurang memiliki minat untuk mempelajarinya dan mereka cenderung kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dikarenakan motivasi belajar peserta didik yang rendah sehingga peserta didik pasif dan cenderung jenuh dalam mengikuti pembelajaran matematika. Untuk memperoleh  hasil belajar  yang  optimal utamanya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran,  pendidik  dituntut  kreatif  membangkitkan motivasi  belajar  peserta didik salah satunya dengan menerapkan model problem based learning (PBL). Pembelajaran dengan model problem based learning (PBL) ini mengharuskan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam belajar yang dimulai dengan pemecahan suatu masalah. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Kertosono pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model problem based learning (PBL). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Kertosono dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpul data penelitian ini berupa observasi, hasil belajar peserta didik dan angket motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase rata-rata motivasi belajar peserta didik dari pembelajaran siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 77% dan 84%. Artinya terjadi peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar peserta didik  dari pembelajaran siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Kertosono.


Keywords


motivasi belajar; pembelajaran matematika; problem based learning

Full Text:

PDF

References


Anita, I. W. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING. 5(4), 1103–1112. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1103-1112

Ayu, P. T., & Hakim, D. L. (2019). MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PROSIDING SESIOMADIKA, 1146-1153.

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044

Emda, A. (2018). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fimala, Y., & Firman, F. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 150–153.

Fitrianna, A. Y. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS XI DI SMK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1359–1368. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1359-1368

Hartini, T. S., & Warmi, A. (2019). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP. PROSIDING SESIOMADIKA, 640-646.

Irsyad, F. M., & Fauzi, S. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tasikmalaya. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 15. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5989

Panisoara, G., Duta, N., & Panisoara, I.-O. (2015). The Influence of Reasons Approving on Student Motivation for Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 1215–1222. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.382

Salbiah, A. O., Masruroh, A. A., & Chotimah, S. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FPB DAN KPK DENGAN MENGGUNAKAN VBA FOR EXCEL. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1327–1336. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1327-1336

Sari, R. I. P. (2014). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 11 PETANG JAKARTA TIMUR. PEDAGOGIK, 2(1), 26–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.