MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA
Abstract
siklus II, dimana pada siklusnya melibatkan rancangan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian yaitu hasil belajar yang telah didapatkan siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi statistika. Adapun hasil belajar diperoleh berdasarkan tes yang telah dilakukan oleh siswa. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pada tahap pra siklus nilai rata-rata siswa yaitu 60,74, pada siklus 1 meningkat menjadi 69,20 dan pada siklus II 7,01. Ditinjau berdasarkan ketuntasan belajar siswa sejumlah 9 anak dengan presentase 29,03% pada pra siklus mengalami tuntas, meningkat menjadi 19 siswa dengan presentase 61,3% mengalami tuntas pada siklus I, selanjutnya meningkat 26 siswa yang mengalami tuntas pada siklus II dengan presentase 83,9%. Dengan demikian adanya guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Firdaus, Anisa. 2013. Pengertian Belajar dan Mengajar. http://firdausanisaa.blogspot.com/2013/09/iii-pengertian-belajar-mengajar.html (diakses 29 Juli 2023)
Mardika, I. K. (2020). Upaya meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Indonesian
Journal of Educational Development, 1(2), 311-321. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006135.
Mayudana, I K. Y. & Sukendra, I K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan rpp (surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Indonesian Journal of Educational
Development, 1(1), 61-68. http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.3760682
Nurramah, A & Suhendar, A. M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan LKS Dan KKS. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Unindra, 3(1), 1-10
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Education FKIP UNMA, 5(1)
Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.305
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |