MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA

Ninis Fitria Dwi Hastuti, Raden Sulaiman, Yuli Kristiani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi statistika. Siswa yang berjumlah 31 di kelas VIII F SMPN 1 Karangjati Ngawi adalah subjek penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan melalui tahap pra siklus kemudian siklus I dan dilanjutkan ketahap
siklus II, dimana pada siklusnya melibatkan rancangan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian yaitu hasil belajar yang telah didapatkan siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi statistika. Adapun hasil belajar diperoleh berdasarkan tes yang telah dilakukan oleh siswa. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pada tahap pra siklus nilai rata-rata siswa yaitu 60,74, pada siklus 1 meningkat menjadi 69,20 dan pada siklus II 7,01. Ditinjau berdasarkan ketuntasan belajar siswa sejumlah 9 anak dengan presentase 29,03% pada pra siklus mengalami tuntas, meningkat menjadi 19 siswa dengan presentase 61,3% mengalami tuntas pada siklus I, selanjutnya meningkat 26 siswa yang mengalami tuntas pada siklus II dengan presentase 83,9%. Dengan demikian adanya guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Keywords


Hasil Belajar; Lembar Kerja Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Firdaus, Anisa. 2013. Pengertian Belajar dan Mengajar. http://firdausanisaa.blogspot.com/2013/09/iii-pengertian-belajar-mengajar.html (diakses 29 Juli 2023)

Mardika, I. K. (2020). Upaya meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Indonesian

Journal of Educational Development, 1(2), 311-321. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006135.

Mayudana, I K. Y. & Sukendra, I K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan rpp (surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Indonesian Journal of Educational

Development, 1(1), 61-68. http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.3760682

Nurramah, A & Suhendar, A. M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan LKS Dan KKS. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Unindra, 3(1), 1-10

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Yogyakarta: Diva Press

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Education FKIP UNMA, 5(1)

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.