PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI STATISTIKA DI SMA NEGERI 1 BATIPUH KABUPATEN TANAH DATAR

Yulya Eka Putri, Mulia Suryani, Alfi Yunita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya media ajar lain, seperti halnya penggunaan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangankan  LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Statistika Di SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar yang valid dan praktis.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batipuh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan model Plomp (2013). Tahap yang digunakan dalam penelitian ini hanya dua tahap, yaitu tahap 1 (Investigasi awal) dan tahap 2 (prototype phase) untuk merangkap uji validitas dan praktikalitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah amgket validasi, angket praktikalitas dan wawancara. Berdasarkan penilaian validator, diperoleh hasil validitas yaitu 88,58% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas LKPD pembelajaran dengan uji kelompok kecil dengan delapan belas orsng peserta didik memeproleh nilai akhir 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi statistika di SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar dinyatakan valid dan praktis digunakan oleh guru dan peserta didik.


Keywords


Problem Based Learning; Statistics; Student Worksheets

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2008. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas Jakarta, 2–26.http://file.upi.edu/Direktori/Fip/Jur._Kurikulum_dan_Tek._Pendidikan/ 194601291981012-Permasih/Pengembangan_Bahan_Ajar.pdf

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Maulidar. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia UIN Ar-Rainity Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9988/1/skripsi maulidar nurdin revisi.pdf

Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206.

Plomp & Nieveen. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Educational Design Research, 1–206.

Rahmi, F., Silvi Yulia Sari, dan, & Pengajar Jurusan Fisika, S. (2019). Pembuatan LKPD Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Course Lab Pada Materi Usaha SMA Mahasiswa Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Padang 2). Physics Education, 12(3), 497–504.

Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733–2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 180–191.

Sutikno, M. S., & Ratnaningsih, D. J. (2016). Pengertian Statistika dan Klasifikasinya. Perpustakaan Digital Universitas Terbuka, 1–36.

Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta. Jnpm, 1(2), 275–289.

Zainal Abidin, & Walida, S. El. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case ( Creative , Active ,Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transpormasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Kompetensi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya Di Universitas Airlangga Surabaya, 197–202.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.