PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATRIKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI
Abstract
Kurangnya alat bantu ajar bagi pendidik untuk mengajar peserta didik agar dapat memahami konsep pada materi ajar menjadi latar belakang masalah, karena itu, dibutuhkan adanya pengembangan LKPD matematika berbasis PBL merupakan saran untuk membantu dan mempermudah pendidik dalam menyampaikan konsep dari materi yang ingin disampaikan. Dengan jenis penelitian pengembangan (R&D) dari model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan, subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 untuk uji lapangan dan kelas XI MIPA 3 untuk uji perorangan dan uji kelompok kecil. Dimana instrument penelitian pada pengembangan ini berupa lembar penilaian LKPD untuk para ahli guna memperoleh data kevalidan LKPD, dan lembar respon peserta didik pada uji coba produk untuk memperoleh data kepratisan LKPD. Hasil penelitian LKPD matematika berbasis PBL ini adalah sebagai berikut: 1) hasil validasi ahli materi sebesar 96,36%, 2) hasil validasi ahli media sebesar 83,64%, 3) hasil validasi ahli desain sebesar 90%, 4) respon peserta didik pada uji coba perorangan sebesar 77,34%, 5)respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil sebesar 93,09%, dan 6) respon peserta didik pada uji coba lapangan sebesar 92,18%. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh dari penilaian LKPD oleh para ahli (materi, media, desain) dan data respon peserta didik yang diperoleh dari uji coba produk, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Baktiar, M., Irmawati, Muhammad, Z U., & Zuhra, M. 2023. “ Pengembangan Desain Media Autentik Berbasis Barang Bekas Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Kelompok B”. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), Vol 4 No 1. Hal 1- 21.
Fhathulloh, M R., dkk. 2017. “Implementasi Guru Dalam Mendesain Proses Pembelajaran PAI”. Atthulab, Volume: II No.2, 2017/1438.
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Mustami, M.K dan Gufran, D.D. 2015. Development Of Worksheet Students Oriented Scientific Approach At Subject Of Biology (pp 917-925). Diakses 14 Juli 2023 Pukul 08:18 dari Serial Journals: https://www.serialsjournals.com/
Nurfathurrahmah. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Resitasi Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa SMA Kelas XI. Tesis. Makassar: PPs Universitas Negeri Makasar.
Paloloang, M. F. B. 2014. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas Viii Smp Negeri 19 Palu”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67-77.
Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Putra, Tomi Tridaya, dkk. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir KreatifSiswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Padang, Volume 1 No. 1.
Ratnawulan, E dan Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.317
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |