PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 DI SMPN 02 KOTA JAMBI

Afere Witri, Sri Dewi, Silvia Fitriani, Risma Simamora

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD Matematika ke dalam game untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam belajar matematika pada materi aritmatika social. Penelitian menggunakan model pengembangan Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi (ADDIE). Hasil penelitian ini adalah Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berupa Game pada materi Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII. 1). hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata 4,3 termasuk kriteria Sangat Baik, dengan persentase sebesar 86 % dengan kriteria Sangat Valid, 2). hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata 4 termasuk kriteria Baik, dengan persentase sebesar 80% dengan kriteria Valid, 3). hasil validasi ahli desain diperoleh rata-rata 4,37 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 87,5% dengan kriteria Sangat Valid, 4). Respon peserta didik pada uji coba perorangan diperoleh rata-rata 4,39 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 87,87% dengan kriteria Sangat Praktis, 5). Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata 4,54 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 90,89% dengan kriteria Sangat Praktis, 6). Respon peserta didik pada uji coba lapangan diperoleh ratarata 4,34 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 86,9% dengan kriteria Sangat Praktis. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari penilaian ahli (materi, media, desain) dan data repon peserta didik yang diperoleh dari uji coba produk, maka disimpulkan pengembangan LKPD menggunakan software construct 2 yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.


Keywords


Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ), Game, Construct 2, Aritmatika Sosial,ADDIE

Full Text:

PDF

References


Andyny, Meyly, 2021. Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis ICT Berbantuan Software Construct 2 Untuk Siswa MTS. Skripsi. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Andani,Sari, 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Bantuan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya)”.Skripsi, Tasikmalaya: Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Basiroh, Ulil, 2015. “Efektivitas Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Question Student Have (QSH) dengan Pendekatan Scientific Berbantu Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial di MTs Al-Muayyad 03“. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Hidayah, Nurfiyani, 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash CS6 Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas VII Di SMP Negeri 6 Kota Jambi

Ivers, Karen S, and Ann E. Barron.2014. Digital Content Creation in Schools: A Common Core Approach, England: ABC-Clio.

Khoirunnisya,Melati,2021. “ Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar “. Skripsi, PekanBaru; Universitas Islam Riau.

Muhtasyam, Aziz, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android Dengan Bantuan Software Construct 2 Pada Materi Aljabar . Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Mardiana, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Materi Bangun Ruang Untuk Kelas VIII SMP Negeri 3 Tungkal Uluh.Skripsi.Jambi: Universitas Batanghari.

Monalisa, 2019. “ Analisis Kemampuan Pemaham Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMPN 19 Kota Jambi ”. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Batanghari Jambi, Volume 3 No 1.

Putranto,S., & Dhoruri, A. 2016. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Perbandingan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) bagi Siswa SMP Kelas VII Sesuai Kurikulum 2013”.Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(2).

Rahayu, Nurarifa, 2021. Pengembangan LKPD Berbasis Masalah Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMAN 1 Tapalalang Sulawesi Barat, Skripsi,Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tageh, Made Dkk.2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Wulandari, Fifi, 2017.Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV MIN MIRUK Taman Aceh Besar, Skripsi, Aceh : Universitas Islam Negeri AR-Raniry Darussalam.

Yunita, Dudung, Yetty Auliaty,2021.Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah Kependidikan Universitas Negeri Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.