PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

Okta Dia Wati, Zulyadaini Zulyadaini, Harman Harman, Sri Dewi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada pembelajaran kurikulum merdeka kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada pembelajaran kurikulum merdeka siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan uji regresi linear sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah keseluruhan 216 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang terbagi 6 kelas yang diambil secara random sampling (Teknik acak). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan tes uraian. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh gambaran motivasi belajar siswa secara umum termasuk kategori sedang dengan presentasi 59,3%, skor terendah 44, skor tertinggi 77, rangenya 33 dan gambaran hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi secara umum termasuk kategori sedang dengan presentasi 48,1%, skor terendah 27, skor tertinggi 50, rangenya 23. Berdasarkan analisis inferensial terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji regresi linier sederhana diperoleh , nilai  >  yaitu 2,353 > 2,007 sehingga  ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 64%.


Keywords


Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Ahmadiyanto. 2016. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square pada materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di indonesia kelas VIII C SMP Negeri 1 Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993.

Bastari, E. 2019. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung, UIN Raden Intan Lampung.

Bunyamin. 2021. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., dan Widodo, H. 2020. Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna Media Kajian Pendidikan, 10(1), 34-44.

Lestari, D. I. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas V SD Se-dabin I Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Under Graduates Thesis UNNES.

Nurhidayati, V., Ramadani, F., dan Setiawati, M. 2022. Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Siswa Kelas X di SMAN 1 Payung Sekaki. Jurnal Eduscience (JES), 9(3), 707-716.

Pane, A., dan Darwis, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran, Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 333-352.

Permatasari, B. I. 2018. Kreativitas dan hasil belajar, Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 46-54.

Sari, F. I., Dadang, S. dan Dadang, A. 2023. Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 146-151.

Setiawati, S. M. 2018. Telaah Teoritis: Apa itu belajar?, Helper, 35(1), 31-45.

Siagian, M. D. 2017. Pembelajaran Matematika dalam Persfektif Kontruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(2), 61-73.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, S., dan Nana. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suwardi, D. R. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic education Analysis Journal, 1(2), 1-7.

Uno, H. B. 2017. Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, L. S. 2021. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Online Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 114-117.

Utaminingtyas, S., Subaryana., dan Puspitawati, E. N. E. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 69-76.

Wandini, R. R. 2019. Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspita.

Wandini, R. R., dan Sinaga, M. R. 2018. Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik, Jurnal Raudhah, 6(1), 11-22.

Widoyoko, E. P. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zamsir., Masi, L., dan Fajrin, P. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170-181.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.