EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LKPD DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN KELAS IV DI SDI NURUL KAROMAH

Darojatul Aulia, Andika Setyo Budi Lestari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen, yang dilaksanakan di SDI Nurul Karomah. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV dengan teknik pengumpulan data sebanyak 4 indikator dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan hasil antara kelas kontrol dan kelas ekperimen lebih unggul kelas eksperimen dalam peningkatan hasil belajar, aktivitas dan respon peserta didik, serta keterlaksanaan pembelajarannya. Perolehan hasil belajar peserta didik pada pretest di kelas kontrol dan kelas eksperimen dikategorikan rendah dengan rata-rata 74 dan 75. Setelah menggunakan LKPD pada kelas eksperimen, hasil belajar peserta didik dikategorikan sangat tinggi dengan rata-rata 96,25 pada minggu pertama dan 97,5 pada minggu kedua, dan pada kelas kontrol dikategorikan juga sangat tinggi dengan perolehan rata-rata 92,5 pada minggu pertama dan 96,25 pada minggu kedua. Aktivitas dan respon peserta didik pada kedua kelas dikategorikan sangat baik dan positif. Keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas dikategorikan baik dengan presentase kelas eksperimen sebesar 83,3% dan kelas kontrol sebesar 80%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik.


Keywords


Efektivitas; Lembar Kerja Peserta Didik; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), 122. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622

Daryanto, A. D., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Kristanti, D., & Julia, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D untuk Kelas Inklusi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Maju, 4(1).

Ma’rufi Arief, M. F. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Mekanika Teknik dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 2 Surabaya. Pendidikan Teknik Bangunan, 1, 148–152.

Nurrahmah, A., & Suhendar, A. M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan LKS dan KKS. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Unindra, 3(1), 1–10. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67.

Uno, B. H., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Yanuariska, T., Zulkarnain, & Haryono, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dilengkapi LKPD terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Geografi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.