Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika baik sebelum dan sesudah dikontrol oleh motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut tahun ajaran 2023/2024. Variabel dalam penelitian ini yaitu Gaya Belajar (X1) dan Motivasi Belajar (X2) sebagai variabel bebas, serta Hasil Belajar Matematika (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut yang berjumlah 4 kelas dengan siswa sebanyak 120 siswa, dengan sampel sebanyak 92 siswa yang terpilih dari 3 kelas melalui metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data gaya belajar dan motivasi belajar, serta tes soal uraian untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa statistik deskriptif (tabel, mean, median, standar deviasi, maksimum, minimum, dan perhitungan persentase) dan statistik inferensial berupa analisis kovarian (anakova). Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh rata-rata skor untuk gaya belajar auditori adalah 37,96; rata-rata skor untuk gaya belajar visual adalah 37,06; rata-rata skor untuk gaya belajar kinestetik adalah 39,18; rata-rata skor untuk motivasi belajar adalah 47,45; serta rata-rata skor untuk hasil belajar matematika adalah 78,87. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan analisis kovarian (anakova) dengan α = 0,05 diperoleh . Variabel motivasi belajar diperoleh nilai taraf signifikan statistik (sig) < α = 0,05 yaitu (0,000 < 0,05), maka motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Variabel gaya belajar diperoleh nilai taraf signifikan statistik (sig) > α = 0,05 yaitu (0,111 > 0,05), maka tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki gaya belajar (auditori, visual, dan kinestetik) setelah mengontrol motivasi belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bire, A. B. dkk. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168–174.
Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 204–212.
Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25–34. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226
Ghufron, N. dan R. R. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoretik. In Gaya Belajar Kajian Teoretik (Vol. 66). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haeruddin & Hadijah. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.144
Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128
Hartono, R. (2013). Ragam model mengajar yang mudah diterima murid. DIVA Press.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematia (Ketiga). Bandung: PT. Refika Aditama.
Noervadila, I. & Misriyati. (2020). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X IPS Semester Genap di MA Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 61–64.
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajr. Jakarta:. Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (II). Jakarta: Prenadamedia Group.
Yusuf, M., & Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i1.893
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.376
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |