SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW LEARNING OBSTACLE SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariansyah, A., Sugiatno, & Bistari. (2021). Mengatasi Hambatan Belajar dalam Materi PLSV Menggunakan Desain Didaktis dengan Scaffolding. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 147–159.
Bakar, M. T., Suryadi, D., & Darhim, D. (2019). Learning obstacles on linear equations concept in junior high school students: Analysis of intellectual need of DNR-based instructions. International Conference on Mathematics and Science Education, 1157(3), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032104
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.558
Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics (N. Balacheff, M. Cooper, R. Sutherland, & V. Warfield, Eds.). Kluwer Academic Publishers.
Fuad, N. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kesalahan pada Proses Matematisasi Horizontal dan Vertikal dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 85–96. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.191
Hendra. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41.
Hidayat, D., Umbara, U., & Puadi, E. F. W. (2016). Pengembangan Desain Didaktis Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) pada Pembelajaran Matematika MTsN Model Cigugur. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(2), 160–169.
Ifada, R. B., & Ruli, R. M. (2024). Hambatan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Materi Teorema Pythagoras. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 114–126. https://doi.org/10.33087/phi.v8i1.362
Irawan, A. (2015). Desain Didaktis Bahan Ajar Problem Solving pada Konsep Persamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 651–658.
Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.
Mulyani, E. (2017). The Study of Learning Obstacle In Linear Equations and Inequalities One Variable In Mathematical Learning In Junior High School Indonesia. Proceeding 12th ADRI International Multidisciplinary Conference and Call for Paper, 73–77. https://www.researchgate.net/publication/317267323
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713–726. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795
Musawwir, A. (2022). Learning Obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Terkait Kemampuan Berpikir Aljabar [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/72036/
Nurfadilah, A., Rahman Hakim, A., & Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13.
Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307–318. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.564
Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 189–199.
Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 132–141.
Savitri, D., & Izzati, N. (2023). Analisis Learning Obstacle Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 94–100.
Sulastri, L., & Arhasy, E. A. R. (2017). Kajian Learning Obstacle Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 151–159.
Tussa’diyah, R., Praja, E. S., & Maharani, A. (2019). Implementasi Desain Bahan Ajar pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Berbasis Kemampuan Representasi Matematis dengan Teori Belajar Bruner. Prosiding Seminar Matematika Dan Sains, 197–203.
Usiskin, Z. (1995). Why Is Algebra Important to Learn. American Educator, 19(1), 30–37. https://www.researchgate.net/publication/240415845
Zheza, Y., Widayat, E., & Prastiwi, L. (2014). Analisis Kemampuan Siswa SMP Kelas IX dalam Memecahkan Masalah HOTS Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 136–142. https://doi.org/10.33087/phi.v8i1.383
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.411
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |