SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW LEARNING OBSTACLE SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Hanifah Wahyu Suwito, Didi Suryadi, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai learning obstacle yang dialami siswa dalam belajar materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian tinjauan literatur dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa artikel penelitian yang membahas tentang learning obstacle pada materi persamaan linear satu variabel yang diperoleh dari database Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika mempelajari persamaan linear satu variabel, siswa mengalami beberapa learning obstacle. Ontological obstacle ditemukan sebagai akibat dari peralihan proses berpikir siswa dari berpikir aritmetika menjadi berpikir aljabar. Epistemological obstacle yang ditemukan adalah siswa tidak mampu menerapkan konsep persamaan linear dalam situasi kontekstual. Didactical obstacle berkaitan dengan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas seperti pemilihan model dan strategi pembelajaran yang mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi menjadi tidak optimal.

Keywords


Hambatan Belajar; Persamaan Linear Satu Variabel

Full Text:

PDF

References


Ariansyah, A., Sugiatno, & Bistari. (2021). Mengatasi Hambatan Belajar dalam Materi PLSV Menggunakan Desain Didaktis dengan Scaffolding. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 147–159.

Bakar, M. T., Suryadi, D., & Darhim, D. (2019). Learning obstacles on linear equations concept in junior high school students: Analysis of intellectual need of DNR-based instructions. International Conference on Mathematics and Science Education, 1157(3), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032104

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.558

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics (N. Balacheff, M. Cooper, R. Sutherland, & V. Warfield, Eds.). Kluwer Academic Publishers.

Fuad, N. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kesalahan pada Proses Matematisasi Horizontal dan Vertikal dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 85–96. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.191

Hendra. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41.

Hidayat, D., Umbara, U., & Puadi, E. F. W. (2016). Pengembangan Desain Didaktis Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) pada Pembelajaran Matematika MTsN Model Cigugur. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(2), 160–169.

Ifada, R. B., & Ruli, R. M. (2024). Hambatan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Materi Teorema Pythagoras. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 114–126. https://doi.org/10.33087/phi.v8i1.362

Irawan, A. (2015). Desain Didaktis Bahan Ajar Problem Solving pada Konsep Persamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 651–658.

Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.

Mulyani, E. (2017). The Study of Learning Obstacle In Linear Equations and Inequalities One Variable In Mathematical Learning In Junior High School Indonesia. Proceeding 12th ADRI International Multidisciplinary Conference and Call for Paper, 73–77. https://www.researchgate.net/publication/317267323

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713–726. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795

Musawwir, A. (2022). Learning Obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Terkait Kemampuan Berpikir Aljabar [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/72036/

Nurfadilah, A., Rahman Hakim, A., & Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13.

Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307–318. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.564

Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 189–199.

Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 132–141.

Savitri, D., & Izzati, N. (2023). Analisis Learning Obstacle Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 94–100.

Sulastri, L., & Arhasy, E. A. R. (2017). Kajian Learning Obstacle Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 151–159.

Tussa’diyah, R., Praja, E. S., & Maharani, A. (2019). Implementasi Desain Bahan Ajar pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Berbasis Kemampuan Representasi Matematis dengan Teori Belajar Bruner. Prosiding Seminar Matematika Dan Sains, 197–203.

Usiskin, Z. (1995). Why Is Algebra Important to Learn. American Educator, 19(1), 30–37. https://www.researchgate.net/publication/240415845

Zheza, Y., Widayat, E., & Prastiwi, L. (2014). Analisis Kemampuan Siswa SMP Kelas IX dalam Memecahkan Masalah HOTS Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 136–142. https://doi.org/10.33087/phi.v8i1.383




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.