PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KALIMAT MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD 4 DERSALAM

Desta Abella Afita, Ega Aulia Syifa'u, Dinda Damayanti, Eva Resa Sirotun, Erika Diah Pangestuti, Muhammad Raikhan Albani

Abstract


Materi audio visual dalam penelitian ini, meliputi video yang diproyeksikan menggunakan proyektor liquid crystal display (LCD), aplikasi slide show PowerPoint, dan media visual. Dengan menggunakan media ini diyakini siswa akan mampu mempelajari sendiri isinya. Saat ini, terdapat kekurangan dan keterbatasan penggunaan materi audio visual di sekolah untuk menunjang proses belajar mengajar, khususnya di kelas matematika. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar kalimat matematika siswa kelas 3 SD 4 Dersalam. Metode penelitian dalam penenlitian yaitu menggunakan Pre-test dan Post-test Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu -6.596 > 1.77093 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar kalimat matematika siswa kelas III SD 4 Dersalam.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.