PENGARUH SOCIAL AND EMOTIONAL COMPETENCIES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Yuliani Wulandari, Suprananto Suprananto, Haerudin Haerudin

Abstract


Prestasi belajar matematika merupakan pencapaian yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar sehingga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan. Meskipun demikian, dalam prestasi belajar matematika masih menjadi suatu persoalan yang sering dibicarakan oleh banyak orang, baik orang tua, siswa, bahkan pakar pendidikan matematika sekalipun. Tidak sedikit siswa memiliki prestasi belajar matematika yang rendah. Ada dua komponen yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika yang mencakup faktor internal dan eksternal siswa adalah kemampuan sosial emosional atau disebut social and emotional competencies. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi adanya pengaruh kemampuan sosial emosional terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan jenis penelitian ex post facto dan desain korelasi bivariat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 388 siswa, dan penarikan sampelnya menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga diambil 197 siswa sebagai sampel dalam penelitian. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social and emotional competencies atau kemampuan sosial emosional diprediksi memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karawang Barat sebesar 6.8%, sedangkan kemungkinan 93.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilakukan pada penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Alzahrani, M., Alharbi, M., & Alodwani, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Sosial Emosional Terhadap Akademik Anak Prestasi dan Perkembangan Perilaku Translated oleh by Google. 141–149. https://doi.org/10.5539/ies.v12n12p141

Amin, M. K., Isnani, & Paridjo. (2020). Meta Analisis Pengaruh Cooperative Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika. 9(2), 221–233.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. 2(1), 1–10.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Basuki. (2021). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif.

Mohammed, A., Ismail, B., Hosseen, M., & Alyami, F. (2021). Deriving The Psychometric Characteristics Of An Arabized Image Of The Social And Emotional Competencies Scale Of A Sample Of Secondary School Students In Najran Region. 12(7), 398–408.

Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140

Pamungkas, A. (2023). Uji Psikometrik Kuesioner Kompetensi Sosial Emosional (Social and Emotional Cmpetencies-Questionare) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Paranna, A. L. (2021). Pengaruh prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas xi mipa sma negeri 1 tarakan.

Thi Dinh, H. Van, Phuoc, C. T. N., Thi Tran, T. A., Dau, M. L., & Nguyen, T. V. (2021). The Vietnamese version of the social and emotional competence questionnaire (SECQ): Psychometric properties among adolescents. TPM - Testing, Psychometrics, Methodology in Applied Psychology, 28(2), 251–266. https://doi.org/10.4473/TPM28.2.7

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (1)

Uran, A. L., Leton, S. I., & Uskono, I. V. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. 1(1), 69–76.

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 5(8), 1–23.

Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. 2(1), 28–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.