MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Alfiyyah Hana Safitri, Agung Prasetyo Abadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Untuk menjawab rumusan masalah penelitian, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk The One Group PreTest-PostTest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rengasdengklok. Pengambilan sampel tidak dipilih secara random dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrument tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang diberikan sebelum dilakukan sebuah treatment (Pretest) dan setelah (Posttest) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif untuk di uji hipotesisnya dengan teknik analisis data terhadap dua sampel dependen yakni menggunakan uji Wilcoxon, dan uji data N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).


Full Text:

PDF

References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran Project Based Learningdalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Evans, J. R. (1991). Creative thinking in the decision and management sciences.

Lestari, Karunia Eka, dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Lestari, L., Nasir, M., & Jayanti, M. I. (2021). Pengaruh model Project Based Learningterhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas viii smp negeri 2 sanggar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4).

Meltzer, David E. 2002. The Relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Association of Physics Teacher, h. 1260.1261.

Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment.

Taufek, M. (2023). Pengaruh Model Project Based LearningTerhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Di Sekolah Dasar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1, 17-34.

Torrance, E. P. (1969). Creativity. What Research Says to the Teacher, Series, No. 28.

Ulfah, M., Juanengsih, N., & Noor, M. F. (2016). Peningkatan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Konsep Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah. Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Vidákovich, T. (2021). STEM-E: Fostering mathematical creative thinking ability in the 21st Century. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012164). IOP Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.