EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKTAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PPBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu desain yang tidak menggunakan kelompok kontrol pada saat penelitian. sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X-H SMA Negeri 6 Semarang, yang berjumlah 34 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, menggunakan uji normalitas, uji t (paired sample t-test) dan uji N-Gain. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 55,15 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 79,18. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan sebesar 24,03 dan besar rata-rata uji N-Gain 0,54 menujukkan bahwa peningkatan rata-rata sampel penelitian termasuk dalam kriteria sedang. Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dilakukan analisis data menggunakan uji t (paired sample t test). Hasilnya menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning, Teaching at The Right Level
Full Text:
PDFReferences
Asrobanni, N., Lelstari, H., Rukiylah, S., & Rohmladhawati, D. A. (2024). Pelnelrapan Pelmlbellajaran MLodell Problelml Baseld Lelarning Delngan Pelndelkatan Telaching At thel Right Lelvell Guna MLelningkatkan Hasil Bellajar Siswa Pada MLatelri Telks Tanggapan Siswa Di Kellas Vii . 3 Smlp Nelgelri 10 Palelmlbang. Jurnal Sains Studelnt Relselarch, 2(2), 45–54.
Dian Dwi Surylani, Rina Dwi Seltylawati, & Felnnyl Roshaylanti. (2023). Pelngaruh MLodell Pbl MLelnggunakan Lkpd Belrbantuan MLeldia Puzzlel Pelcahan Telrhadap Hasil Bellajar MLatelmlatika Kellas Iia. Didaktik : Jurnal Ilmliah PGSD STKIP Subang, 9(3), 776–788. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1359
Felbriani, D. K. (2022). Imlplelmlelntasi MLodell Pelmlbellajaran Problelml Baseld Lelarning (PBL) dalaml MLelningkatkan Kelaktifan Pelselrta Didik MLata Pellajaran Pelndidikan Agamla Islaml Kellas XI …. Fakultas Tarbiylah Dan Ilmlu Kelguruan Programl Sudi Pelndidikan Agamla Islaml Univelrsitas Islaml Nelgelri Kiai Haji Achmlad Siddiq Jelmlbelr, 71.
Huda, ML. J., & Pelrtiwi, A. YL. (2018). Kelelfelktifan MLeldia Audiovisual Telrhadap MLotivasi Bellajar Siswa di Selkolah Dasar. Jurnal Pelndidikan:, 2(4), 332–337.
Ica, Putri, A., Praylito, ML., & Jannah, F. ML. (2024). ELfelktivitas Pelndelkatan Telaching at Thel Right Lelvell (Tarl) Telrhadap Hasil Bellajar MLatelmlatika Siswa Kellas IV SDN Peldurungan Kidul 01. INNOVATIVEL: Journal Of Social Scielncel Relselarch, 4, 1676–1685.
Izzati, EL. N., Fita, ML., & Untari, A. (2024). Pelnelrapan Pelndelkatan TaRL pada MLata Pellajaran MLatelmlatika Kellas 1 di SDN Gaylamlsari 02 Selmlarang Selmlarang. 06(03), 17840–17846.
Jumladin. (2024). Pelnelrapan MLodell PBL Belrpelndelkatan Telaching at thel Right Lelvell ( TaRL ) Telrhadap Hasil Bellajar Kognitif Siswa SMLKN 7 Selmlarang. 22(1), 698–710.
Lelstari, I. EL., Sulistylarsi, A., & ... (2024). Pelnelrapan MLodell Pelmlbellajaran Problelml Baseld Lelarning (PBL) delngan Pelndelkatan Telaching at thel Right Lelvell (TaRL) dalaml MLelningkatkan Hasil Bellajar kognitif …. ELduInovasi: Journal of …, 06(04), 20998–21011. https://journal.laaroiba.ac.id/indelx.php/elduinovasi/articlel/vielw/4366%0Ahttps://journal.laaroiba.ac.id/indelx.php/elduinovasi/articlel/download/4366/3062
Listylaningsih, EL., Nugrahelni, N., & YLuliasih, I. B. (2023). Pelningkatan Hasil Bellajar MLellalui Pelndelkatan Tarl MLodell PBL Dalaml MLatelmlatika Kellas V SDN Belndan Ngisor. 1(6), 620–627.
MLubarokah, S. (2022). Tantangan Imlplelmlelntasi Pelndelkatan TaRL (Telaching at thel Right Lelvell) dalaml Litelrasi Dasar ylang Inklusif di MLadrasah Ibtida’iylah Lomlbok Timlur. BADA’A: Jurnal Ilmliah Pelndidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
MLustika Rahmlaylanti, S., Rahmlantika Hadi, F., & Surylanti, L. (2023). PELNELRAPAN MLODELL PELMLBELLAJARAN PBL MLELNGGUNAKAN PELNDELKATAN TaRL. Pelndas : Jurnal Ilmliah Pelndidikan Dasar, 8(1), 4545–4557. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7914
Rahmla, I. U., & Nursasongko, A. (2024). PELNELRAPAN MLODELL PBL DELNGAN PELNDELKATAN TARL UNTUK MLELNINGKATKAN KELMLAMLPUAN LITELRASI MLATELMLATIKA SISWA KELLAS XI-1 SMLA N 7 SELMLARANG. 786–794.
Razzaq, A., & Amlbo Tuo, ML. A. (2022). Pelningkatan Hasil Bellajar MLatelmlatika mlellalui MLodell Pelmlbellajaran Tutor Selbayla. Al-Irsylad Journal of MLathelmlatics ELducation, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.58917/ijmlel.v1i2.34
Sugiylono. 2017. MLELTODEL PELNELLITIAN PELNDIDIKAN (Pelndelkatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabelta
Suharylani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Imlplelmlelntasi Pelndelkatan Telaching At Thel Right Lelvell (Tarl) Dalaml MLelningkatkan Kelmlamlpuan Litelrasi Numlelrasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Telknologi Pelndidikan : Jurnal Pelnellitian Dan Pelngelmlbangan Pelmlbellajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Sukarellawan, ML. I., Indratno, T. K., & Aylu, S. ML. (2024). N-Gain vs Stacking.
Zuhri, ML. S. (2023). ELfelktivitas MLodell DL Belrbasis Pelmlbellajaran Belrdifelrelnsiasi Dan MLodell PBL telrhadap Hasil Bellajar. MLathelmlatic ELducation Journal)MLathELdu, 6(2), 1–7. http://journal.ipts.ac.id/indelx.php/
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.475
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |