DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMK NEGERI 10 SAROLANGUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa SMK Negeri 10 Sarolangun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 6 orang, 2 orang siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, 2 orang siswa dengan kemampuan awal matematika sedang, dan 2 orang dengan kemampuan awal matematika rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi dan sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan awal matematika rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep yang kurang baik.
Keywords
References
Fahrudhin, A. G. et all. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Febriyanto, B. et all. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).
Nikmah, N. S. & M. (2016). Penggunaan peta konsep dalam penilaian pemahaman konsep lingkaran. Knpmp I, 11–22.
Ramadhani, E. 2018. Pengaruh Sikap Belajar Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Skripsi. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pendidikan Matematika. Universitas Batanghari. Jambi.
Rusmana, I. M dan I. Isnaningrum. 2012. Efektivitas Penggunaan Media Ict Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 198-205.
Sari, P. 2017. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan Pmri. Jurnal Gantang, 2(1).
Yufentya, W. E.,Roza Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Desimal:Jurnal Matematika, 2(3), 197–202. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4 175
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v5i2.502
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |