PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM

Eni Defitriani, Sri Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dengan pendekatan STEM serta respon mahasiswa ditinjau dari segi aspek kevalidan dan kepraktisan. Penilitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D)  yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen penilaian yang dilakukan berupa lembar validasi dan angket respon siswa yang diberikan kepada ahli validasi dan mahasiswa untuk mengetahui kelayakan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dengan pendekatan STEM tergolong dalam kategori baik dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran dilihat dari hasil validasi ahli memperoleh presentase 76,9% , tergolong dalam kategori praktis dilihat dari hasil angkat respon mahasiswa yang memperoleh presentase 89%.


Keywords


Bahan Ajar, STEM.

References


Akbar, Sa’dun. 2011. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilum pengetahuan sosial. Yogyakarta: Cipta Media

Amri, S dan Ahmadi, K. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Depdiknas. 2008. Pengembangan bahan ajar. (Online). (http://dc218.4shared.com/download/vj4M9KIo5_PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.raf?tsid=20120227-061731-a8f2e27, diakses 2012)

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, 2018. Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online),( http://dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id , diakses pada

Dikmenjur, (2004). Kerangka Penulisan Modul. Jakarta:Dikmenjur, Depdiknas

Millaturrahmah, Mardiana, & Pramudiya. (2017). Mathematics Learning Process with Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Approach in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, Volume 895, DOI 10.1088/1742-6596/895/1/012030




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v6i2.506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.