PENGGUNAAN MEDIA KUBUS DATA MATEMATIKA TERHADAP RESPONS DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYAJIKAN DATA DALAM BENTUK TABEL

Amanda Ulfa, Esti Untari, Riana Riana

Abstract


Pembelajaran matematika khususnya materi penyajian data seringkali dianggap peserta didik sekolah dasar abstrak dan sulit dipahami karena karakteristik peserta didik berada di tahap operasional konkret, ditambah dengan kurang menariknya media pembelajaran dan metode pembelajaran yang konvensional. Tujuan dari penelitian ini mengetahui penggunaan media kubus data matematika terhadap respons dan peningkatan kemampuan menyajikan data dalam bentuk tabel peserta didik kelas 3B SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Penelitian ini menerapkan konstruktivisme dengan media kubus data melalui tahapan penjelasan tujuan, pembagian kelompok dengan lembar kerja peserta didik, media konkret kubus data untuk memperoleh data sayur, buah, dan hewan, pencatatan hasil, presentasi tabel data, hingga refleksi pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi sistematis, pre-test dan post-test sebagai evalusi hasil belajar, dan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 85% peserta didik menunjukkan antusiasme tinggi, 85% berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, 80% peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah penyajian data, serta terjadi peningkatan signifikan rata-rata nilai pre-test 57 menjadi rata-rata nilai post-test 86 atau naik 51%. Media kubus data terbukti mentransformasi konsep abstrak menjadi pengalaman nyata, meningkatkan keterampilan proses matematika, kemampuan kerja sama, dan komunikasi matematika peserta didik, sehingga berkontribusi dalam menciptakan pembelajaran matematika yang bermakna, interaktif, dan mengasyikkan berdasarkan karakteristik peserta didik sekolah dasar.

Keywords


Matematika Sekolah Dasar; Media Kubus Data; Media Pembelajaran Konkret; Pendekatan Konstruktivisme; Penyajian Data

Full Text:

PDF

References


Adrillian, H., Mariani, S., Prabowo, A., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024a). Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 751–767. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1444

Adrillian, H., Mariani, S., Prabowo, A., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024b). Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 751–767. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1444

Asadulloh, Bahtiar, R. S., & Santoso, E. (2024). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Science and Education Research, 3(2), 43–49. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.129

Dahlan Adnan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher) e- ISSN 2721-9666, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.36312/teacher.v1i2.125

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Juwitya Antari, N. L. K. E., Sudarsana, I. K., & Mahendradhani, G. A. A. R. (2023). Penggunaan Media Benda Konkret Dalama Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD Negeri 6 Mas. Jurnal Pasupati, 10(1), 68. https://doi.org/10.37428/pasupati.v10i1.346

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 893–898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433

Puspita Sari, A. S., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3251–3265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1687

Repitae, R., & Rahmaniati, R. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran berbasis dengan Media Konkret pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 24–30. https://doi.org/10.33084/tunas.v3i2.576

Suardi, S., & Nursalam, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approach Berbasis Media Classroom. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(2), 85–94. https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i2.32

Sudianto, S. (2021). Penggunaan Media dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 3(1), 93–101. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.3355

Windy Puspita, Silvia Anggrie Nst, Arif Kusnedi Saragih, & Nurbaiti Nurbaiti. (2022). Analisis Penggunaan Software pada Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus: SMP IT JABAL NOOR MEDAN). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 136–146. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.802

Wulandari, R. M., Widyaningrum, L., & Arini, L. D. D. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas pada Sistem Muskuloskeletal melalui Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3034–3042. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1205




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.