PROFIL TROUBLESHOOTING MATEMATIKA OLEH ANAK DIDIK SMA BERDASARKAN GENDER DAN SELF CONFIDENCE

Cindhy Eka Agustin, Setyo Hartanto

Abstract


Kajian ini diperuntukan untuk menganalisis kepandaian Troubleshooting matematis anakdidik pada menyelesaikan soal matematika yang berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dilihat pada gender dan self confidence. Explorasi memakai pendekatan kualitatif deskriptif pada subjek kelas X di salah satu SMA di Tulungagung sejumlah empat anakdidik, yang dipilih berdasarkan kategori gender (laki-laki dan perempuan) dan tingkat self confidence (tinggi dan rendah). Data diperoleh melalui angket self confidence, tes Troubleshooting matematis, dan wawancara terstruktur. Proses analisis data pada explorasi ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan utama menunjukkan bahwa anakdidik laki-laki yang memiliki keyakinan diri tinggi mampu menyelesaikan tiga indikator Troubleshooting sesuai teori Polya, yakni memahami soal, menyusun rencana, dan mekerjakan rencana tersebut. Anakdidik perempuan pada self confidence tinggi mampu memenuhi dua indikator, yakni memahami problem dan menyusun rencana penyelesaian. Anakdidik laki-laki pada self confidence rendah hanya mampu memenuhi dua indikator awal, sementara anakdidik perempuan pada self confidence rendah hanya mampu memenuhi satu indikator, yakni memahami problem. Hasil kajian ini mengindikasikan bahwa tingkat keyakinan diri memiliki dampak signifikan terhadap kepandaian Troubleshooting matematis anakdidik. Implikasi pada kajian ini yakni guru perlu fokus pada pengembangan keyakinan diri siswa sebagai upaya untuk mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis mereka.

Full Text:

PDF

References


Amelia, T., & Ulfah, S. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Pembelajaran Daring. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 81. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13215

Andayani, F. and Lathifah, A.N. (2019) ‘Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial’, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), pp. 1–10.

Annisa, R., Roza, Y. and Maimunah (2021) ‘Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa SMP Berdasarkan gender’, Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), pp. 481–490.

Atika Sari, I., Rasiman and Esti Utami, R. (2022) ‘Profil Kemampuan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Persamaan Linear Menurut Polya Ditinjau dari Self Confidence Siswa’, Imajiner:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), pp. 43–50.

Harahap, D.N. (2020) Penelitian Kualitatif. Edited by H. Sazali. Wal Ashri.

Iii and Penelitian, A.P. (no date) ‘metode penelitian’. Available at: https://repository.umj.ac.id/9316/9/9. BAB III.pdf.

Irmawati, R., Rahayu, A. and Ratnasari, S. (2021) ‘Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal Higher order thinking skills (HOTS)’, Journal of Educational Integration and Development, 1(4), pp. 247–257.

Pradani, S.L. and Nafi’an, M.I. (2019) ‘Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS )’, 10(2), pp. 112–118. Available at: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i2.15050.

Rinaldi, A., Muzdalipah, I. and Prabawati, M.N. (2023) ‘Kemampuan Number Sense Siswa Menurut Tingkatan Self Confidence’, 2(1), pp. 9–13.

Sugiyono, P.D. (2020) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Zuriatullaila (2023) ‘Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gender siswa kelas VII MTS Manba’ul ’Ulum Dasan Ketujur’, Nucl. Phys., 13(1), pp. 104–116.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.