PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) BERBASIS QUIZIZZ PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

Nur'ainun Rahmatiya Abubakar, Tedy Machmud, Abdul Wahab Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis Quizizz pada materi barisan dan deret aritmatika untuk kelas X SMK Negeri 1 Bulango Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahapan: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Bulango Selatan yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD memenuhi kriteria validitas dari segi media sebesar 84,72% (valid) dan dari segi materi sebesar 86,36% (valid). Selain itu tingkat kepraktisan oleh angket guru dan siswa sebesar 100% (sangat praktis). Selain itu, berdasarkan hasil angket efektivitas E-LKPD mencapai 83% (sangat efektif) yang berarti E-LKPD yang dikembangkan layak digunakan dan terbukti valid, praktis dan efektif.


Keywords


ADDIE, Barisan dan Deret Aritmatika, E-LKPD, Penelitian dan Pengembangan.

Full Text:

PDF

References


Baihaki, B., Danaryanti, A. and Kamaliyah, K. (2021) ‘Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis HOTS Menggunakan Quizizz’, Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1), p. 36. Available at: https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3352.

Bombang, V., Trija Fayeldi, & Yuniar I.P. Pranyata. (2022). Pengembangan Lkpd Elektronik Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas Viii Smpn 17 Malang. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 4(1), 27-41.

Elsiana, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Audio Visual Matematika Untuk Peserta Didik SMP.

Danial, M., Rano, F.Y. and Herawati, N. (2022) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Masalah pada Materi Larutan Asam dan Basa’, Chemistry Education Review (CER), 5(2), p. 129. Available at: https://doi.org/10.26858/cer.v5i2.32721.

Hapsari, D. and Fahmi, S. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks’, FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), pp. 51–60.

Herawati, E.P. and Gulo, F. (no date) ‘INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP MOL DI KELAS X SMA’, pp. 168–178.

Hubulo, N.A. et al. (2022) ‘Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus dan Balok’, 3(2), pp. 120–127. Available at: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16369.

Ibrahim, H. and Oroh, F.A. (2023) ‘Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai’, 4, pp. 1657–1668.

Irwansyah, R. and Izzati, M. (2021) ‘Implementing Quizizz as Game Based Learning and Assessment in the English Classroom’, TEFLA Journal (Teaching English as …, 3(1), pp. 13–18.

Kamila, O. K., (2022) Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) menggunakan Wizer.me Materi Peluang Kelompok Matematika Wajib Kelas XII MA Annur Rambipuji.

Kosasih.(2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Lestari, I. (2018) ‘Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep’, GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), p. 26. Available at: https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634.

Machmud, T. et al. (2022) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP Development of Media Learning Based on Articulate Storyline Statistical’, pp. 67–78.

Nadiyah, S., Wijaya, F.Y. and Hakim, A.R. (2019) ‘Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar’, JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), p. 135. Available at: https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3870.

Nasib, S.K., Kaluku, A. and Abdullah, A.W. (2020) ‘Pengaruh Penggunaan Power Point berbasis Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga’, 1(2), pp. 75–82.

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Octaviani, S. (2017) ‘Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar’, Alsys, 4(4), pp. 338–346. Available at: https://doi.org/10.58578/alsys.v4i4.3198.

Puspita, V. and Dewi, I.P. (2021) ‘Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 86–96. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bhan Ajar Inovatif. Jogja: DIVA Press.

Sari, B.K. (2017) ‘Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, pp. 87–102.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Suseno, P.U., Ismail, Y. and Ismail, S. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia’, 1(2), pp. 59–74.

Tamu, S.D., Hulukati, E. and Djakaria, I. (2020) ‘Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga’, 1(1), pp. 21–31.

Tiban, F.A. et al. (2021) ‘Analisis Kualitas Tes Hasil Belajar Matematika Buatan Guru di SMP Negeri 4 Gorontalo’, 2(2), pp. 70–77.

Wiwik, E. and Mulyani, S. (2018) ‘DAMPAK PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BANGUN The Impact of The Utilization of Android Application in Learning Space’, Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(02), pp. 122–136.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.544

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.