ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VARK
Abstract
Salah satu keterampilan yang harus dipelajari selama pelajaran matematika adalah kemampuan spasial. Kemampuan ini membuat siswa lebih mudah memecahkan masalah geometri ruang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana gaya belajar VARK (Visual, Aural, Read-Write, and Kinesthetic) mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah geometri. Studi ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan studi kasus. Sebanyak 12 siswa dipilih berdasarkan angket gaya belajar sebagai subjek penelitian. instrumen yang digunakan adalah lima soal geometri dan pedoman wawancara yang disesuaikan dengan indikator kemampuan spasial. Kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan adalah beberapa metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa gaya belajar visual, aural, read-write dan kinesthetic berturut-turut memenuhi sebanyak 3 komponen, 2 komponen, 1 komponen dan 4 komponen kemampuan spasial. Secara keseluruhan, temuan ini mengindikasikan bahwa gaya belajar visual dan kinesthetic cenderung paling mendukung pengembangan kemampuan spasial dalam konteks pemecahan masalah geometri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Made Nindi Rafaely, Sri Subarinah, dan Harry Soeprianto. (2023). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar di Kelas VIII SMPN 6 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(1): 1380-1392.
Dwiyanto, Anggie Risma, dan Meyta Dwi Kurniasih. (2023). Analysis of Mathematical Literacy Ability Based on Learning Style of Middle School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 5(1): 1–13.
Fadhila, Nida Selina. (2023). Desain Modul Berbasis Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar dalam Meningkatkan Kemampuan Spasial Kelas VIII MTsN 8 Muaro Jambi. Skripsi Universitas Jambi.
Fitria, Laila Syafaatul. (2022). Analisis Kemampuan Keruangan Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Geometri, Skripsi: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hasanah, Nur Zaytun, dan Dhiko Saifuddin Zakly. (2021). Pendekatan Integralistik sebagai Media Alternatif Inovasi Pendidikan Islam di Era Milenial. Asatiza: Jurnal Pendidikan 2 (3): 151–161.
Isnaini, Nur Eni. (2020). Kemampuan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Shape and Space Berdasarkan Gaya Belajar. Kadikma 11(2): 23-35.
Lestari, Ema, Sintraka Kesumat Wargani, dan Friska Agustina Silaban. (2023). Analisis Kemampuan Visual-Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMK Yadika 8 Jati Mulya. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3(4): 150–162.
Maftuh, Moh, dan Ashfa Ni’mah. “Level Kemampuan Penalaran Spasial Siswa SMA dengan Gaya Belajar Kinestetik dalam Menyelesaikan Masalah Geometri.” Jurnal Simki Pedagogia 6, no. 1 (4 Mei 2023): 435–447.
Maier, Peter H. (2019). Spatial Geometry and Spatial Ability - How To Make Solid Geometry Solid?. Osnabrueck: University of Osnabrueck.
Nazrah, Umi. (2020). Profil Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri di SMP. Skripsi UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Putri, Anita Eka, Dwiyono Hari Utomo, dan Revi Mainaki. (2020). Analisis kesesuaian lahan rawa untuk pengembangan kawasan permukiman di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Geografi 25(2):170–78.
Putri, Wilda Octaria Neizar, Heni Rusnayati, dan Unang Purwana. (2020). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Prosiding Seminar Nasional Fisika 1(1): 108–114.
Siregar, Budi Halomoan, Chrystin Yesica Siahaan, dan Hariyanti Hariyanti. (2019). Peningkatan Kemampuan Spasial Melalui Penerapan Teori Van Hiele Terintegrasi dengan Multimedia dengan Mempertimbangkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Handayani 9(2): 62-71.
Sugiman, Nugroho, K.U.Z., Waluya, B., dan Sukestiyarno. (2023). Pengantar Geometri Non-Euclid Dengan Pendekatan Etnomatematika. Disunting oleh - Guepedia. Guepedia.
Travers, K. J., Dalton, L. C., & Layton, K. P. (1987). Geometry. Laidlaw Brothers.
Zagoto, Maria Magdalena, Nevi Yarni, dan Oskah Dakhi. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 2(2): 259–65.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.549
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |


