PERBANDINGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANTARA INDONESIA, SINGAPURA, JEPANG, CHINA, KOREA SELATAN DAN FINLANDIA (DALAM KURIKULUM MERDEKA)
Abstract
Matematika adalah mata pelajaran penting dan wajib di semua sekolah di seluruh dunia, baik negeri maupun swasta, karena penting untuk perkembangan otak siswa, meningkatkan kemampuan berpikir jernih dan logis, serta mengajarkan berpikir kritis dan analitis dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, semua sekolah memerlukan pelajaran matematika sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari dan pintu gerbang ke berbagai bidang teknik dan sains. Setiap negara memiliki kurikulumnya masing-masing dalam mengajarkan matematika, dengan kelebihan dan kekurangan yang sesuai dengan tujuan pendidikan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbandingan kurikulum merdeka di Indonesia dengan kurikulum di beberapa negara lain menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan data dari artikel relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap negara memiliki tingkat "ambisius" yang berbeda dalam kurikulumnya, tercermin dari tekanan materi, jumlah tugas, ketegasan pengajaran, dan metode pemecahan masalah. Indonesia fokus pada konsep dasar dan kuantitas; Singapura pada pendekatan sistematis; Jepang pada dukungan psikologis siswa; China pada latihan rutin dan penguasaan konsep; Korea Selatan pada ujian dan standar tinggi; serta Finlandia pada pendekatan bebas tekanan tanpa ujian nasional. Setiap kurikulum mencerminkan nilai dan budaya pendidikan masing-masing negara. Kemampuan siswa tidak bisa dinilai dari asal negaranya, dan semua siswa memiliki kesempatan untuk mengejar ketertinggalan dalam matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd Algani, Y. M. (2022). Role, need and benefits of mathematics in the development of society. Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices, 3(1), 23–29. https://doi.org/dergipark.org.tr/jmetp
Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102
Amelia, W., Marini, A., Nafiah, M., & Jakarta, U. N. (2022). Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 520–531. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2431
Cai, J., & Ding, M. (2017). On Mathematical Understanding: Perspectives of Experienced Chinese Mathematics Teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 20(1), 5–29. https://doi.org/10.1007/s10857-015-9325-8
Ding, M., Li, X., Manfredonia, M. L., & Luo, W. (2022). US and Chinese Elementary Teachers’ Noticing of Cross-Cultural Mathematics Videos. Journal of Mathematics Teacher Education, 26(2), 211–239. https://doi.org/10.1007/s10857-021-09526-z
Fujii, T. (2018). Lesson Study and Teaching Mathematics Through Problem Solving: The Two Wheels of a Cart. In Mathematics Lesson Study Around the World: Theoretical and Methodological Issues (pp. 1–21). https://doi.org/10.1007/978-3-319-75696-7_1
Geesa, R. L., Izci, B., Song, H., & Chen, S. (2019). Exploring Factors of Home Resources and Attitudes Towards Mathematics in Mathematics Achievement in South Korea, Turkey, and the United States. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(9), 1751. https://doi.org/10.29333/ejmste/108487
Hamidah, H., Junaedi, I., Mulyono, M., & Kusuma, J. W. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Jepang dan di Indonesia. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 95–105.
Hu, Z. (2019). Chinese Mathematics Teaching Reform Based on the Guidance of Core Literacy. Creative Education, 10(13), 3410–3419. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1013263
Kasihadi, R. (2011). Optimalisasi Prestasi Peserta Didik Melalui Sistem Pendidikan yang Humanis: Suatu Perbandingan dengan Negara Maju. Jurnal Widyatama, 20(2), 145–151.
Lewis, C. (2016). How Does Lesson Study Improve Mathematics Instruction? ZDM - Mathematics Education, 48(4), 571–580. https://doi.org/10.1007/s11858-016-0792-x
Li, N., Cao, Y., & Mok, I. A. C. (2016). A Framework for Teacher Verbal Feedback: Lessons from Chinese Mathematics Classrooms. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(9), 2465–2480. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1298a
Li, N., Mok, I. A. C., & Cao, Y. (2019). The Evolution of Mathematical Thinking in Chinese Mathematics Education. Mathematics, 7(3), 297. https://doi.org/10.3390/math7030297
Lu, Y. (2024). Comparative Analysis of Teaching Methods: A Cross-Cultural Study of Chinese and American Educational Systems. Transactions on Social Science, Education and Humanities Research, 4, 2960–2262.
Manopo, & Rahajeng, R. (2020). Analisis Perbandingan Soal HOTS dari Buku Ajar Matematika Singapura, Jepang, dan Indonesia. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 119–130. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.9164
Ministry of Education Singapore. (2023). Mathematics Syllabuses: Secondary One to Four Express Course Normal (Academic) Course.
Mulyadi, B. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Masyarakat Jepang. Jurnal IZUMI, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.14710/izumi.3.1.69-80
Mustafa, A. N. (2020). Mathematics Development in China. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 10(2), 1–22. https://doi.org/10.5035/pjme.v10i2.2434
Nainggolan, E. (2023). Penggunaan Sumber Belajar dalam Pengajaran Matematika. Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengelatuan Alam, 1(4), 46–56. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i4.1465
Nasution, T., Khoiri, N., Firmani, D. W., & Rozi, M. F. (2022). Perbedaan Sistem Kurikulum Pendidikan Anggota Asean, Indonesia dan Singapura. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1847–1859. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4971
Nishino, M. (2017). The Challenge of Developing Meaningful Curriculum Initiatives for Moral Education in Japan. Journal of Moral Education, 46(1), 46–57. https://doi.org/10.1080/03057240.2016.1276438
Novikasari, I. (2013). Perkembangan Pendidikan Matematika Tingkat SD di Indonesia, Malaysia, dan Jepang. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 44–56. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i2.115
Oyeniran, R., & Uwamahoro, E. (2017). Impacts of Reforms in Chinese Educational System. International Journal of Education, 9(1), 30–48. https://doi.org/10.5296/ije.v9i1.10495
Rahayu, S., & Hosizah, H. (2021). Implementasi Sistem Rujukan Layanan Kesehatan: Systematic Literature Review. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 9(2), 138–152. https://doi.org/10.47007/inohim.v9i2.312
Rahayu, Y. (2023). Problematika Kurikulum di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3176–3187. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8594
Sinaga, R., & Negeri, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains, 3(1), 51–55. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.834
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605–612. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21554
Suratno, J., & Sari, D. P. (2021). Analisi Komparatif Kurikulum Matematika di Indonesia, Korea Selatan, dan Singapura pada Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i1.2658
Susilawati, W. (2019). Analisis Kurikulum dan System Pendidikan Matematika di Korea Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 7(2), 29–40.
Syakhrani, W. A., Bahrianti, B., Dewi, D., Mahmudah, M., & Rahmadina, E. (2022). Sistem Pendidikan di Negara China. Adiba: Journal of Education, 2(3), 413–420.
Tang, H., Seah, W. T., Zhang, Q., & Zhang, W. (2021). The Mathematics Learning Attributes Valued by Students in Eastern China. ECNU Review of Education, 4(2), 261–284. https://doi.org/10.1177/2096531120930240
The Organisation for Economic Co-operation and Development. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Singapore PUBE. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C549.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Wahyuni, N. W. S. (2019). Penerapan Model Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 12–22.
Wang, L., Liu, Q., Du, X., & Liu, J. (2017). Chinese Mathematics Curriculum Reform in The 21st Century: A review. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(8), 5311–5326. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01005a
Yang, H.-S., Park, Y.-S., & Cho, K.-H. (2018). The Effects of Mathematical Activities using 4D-Frame on Young Children’s Mathematical Ability and Attitude towards Mathematics. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 19(8), 146–159. https://doi.org/10.5762/KAIS.2018.19.8.146
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.426
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |