PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT

Yuliana Barek, Asyril Asyril, Berahman Berahman, Petrus Fendiyanto

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan peserta didik atas kemampuan berpikir melalui model Problem Based Learning dengan persamaan kuadrat pada kelas IX SMP Negeri 1 Barong Tongkok. Subjek yang digunakan yaitu peserta didik kelas IX-A yang berjumlah 35 peserta didik, sedangkan objek dari pelitian adalah penerapan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumen, tugas, observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Diperlihatkan bahwa hasil penelitian menjelaskan bahwa setelah dilakukannya model Problem Based Learning yang diikuti peserta didik, diperolehnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang meningkat. Telah terlampauinya standar yang telah ditentukan pada nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta serta persentasi ketuntasan kelas dari siklus I, siklus II, dan siklus III yakni rata-rata  dengan persentasi ketuntasan kelas yaitu pada siklus I yang mengalami peningkatan menjadi  dengan persentasi ketuntasan kelas yaitu  pada siklus II dan kembali mengalami peningkatan menjadi  dengan persentasi ketuntasan kelas yaitu  pada siklus III. Sedangkan terdapat kategori cukup meningkat pada hasil observasi pelaksanaan pembelajaran siklus I aktivitas guru dan peserta didik,berkategori baik di siklus II, dan meningkat dengan kategori sangat baik pada siklus III. Melalui analisis data dan hasil penelitian, maka disimpulkan model Problem Based Learning bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan materi persamaan kuadrat di kelas IX SMP Negeri 1 Barong Tongkok.


Keywords


Peningkatan; Kemampuan; Berpikir Kritis; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Achsanti, Y. A., Prasetyowati, D., & Roshayanti, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1585

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio Dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 246–258. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.40

Araujo, J. de, Mamoh, O., & Fitriani. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Tasifeto Timur Pada Materi Geometri. MATHMATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.1-15

Arifin, S. (2021). Model PBL (problem Based Learning) Berbasis Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika. CV. Adanu Abimata.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Hasanah, R., Anam, F., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII B SMPN 13 Surabaya. Journal of Mathematics Education Research, 2(1).

Kamarianto, Noviana, E., & Alpusari, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa, 5(1).

Mamoh, O. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembinaan Berpikir Logis dalam Pembelajaran pada Siswa SMP. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 455–464.

Nurhamidah,Dan M. Hidayat. 2022. Problem Based Learning Kiat Jitu Melatih Berpikir Kritis Peserta didik. Penerbit P4i.

Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). Belajar dan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Nawa Litera Publisihing.

Rasto Dan Rego Pradana. 2021. Problem Based Learning Vs Sains Teknologi Dalam Meningkatkan Intelektual Peserta didik. Penerbit Adab.

Said, S., Mukhlis, M., & Wahyudi, A. A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.795

Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, Rif’an, A., & Arifin, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Untuk kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Yayasan Barcode.

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.