SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika yang dapat memengaruhi pemahaman dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan gaya belajar siswa dalam konteks pendidikan matematika di Indonesia menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) terhadap 9 artikel terkait dari tahun 2020-2024. Berdasarkan hasil analisis literatur, penelitian terkait kemampuan komunikasi matematis menunjukkan tren yang positif, terutama pada tahun 2021 dan 2022, serta terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan gaya belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajie, A., Mukti, B., & Soedjoko, E. (2021). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Kemampuan Siswa pada Aspek Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open-Ended Problem. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Aliffianti, T. R., Kurniati, N., Humaira Salsabila, N., & Turmuzi, M. (2022). Griya Journal of Mathematics Education and Application Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMPN 5 kota Bima tahun ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 461. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index
Aprilianto, M. R., Ahmadi, A., & Sholikhakh, R. A. (2022). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN DARING. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 78. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5947
Arfany, F. P., Faradiba, S. S., & Nursit, I. (2021). KARAKTERISASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP ISLAM PAKIS (Vol. 16, Issue 12).
Ayu Wulandari, N., & Firda Khairunnisa, G. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MASALAH OPEN ENDED PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII A MTS ASH-SHOLIHUDDIN DAMPIT (Vol. 16, Issue 32).
Azis, R. F., & Purniati, T. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15(1), 29–38. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.10948
Cahyani, I. S. (n.d.). PENTINGNYA MENGENALI GAYA BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN.
Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Ghufron, M. N., & Risnawati S. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoritik.
Hanifah, L. N., & Mulyaningrum, E. R. (2021). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PROTISTA DI SMA NEGERI 1 GODONG. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), 1(1).
Lestari, E. P., & Lestari, N. P. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2501–2516. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2315
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.
Nursamsih Lubis, R., & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7.
Rosita, M., Shodiqin, A., & Prasetyowati, D. (2020). Profil komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 163–178. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14855
Sopiatin P, & Sahrani S. (2011). Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran.
Suyandi, R. I., Aska Muta Yuliani, & Wiwin Putriawati. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1266–1274. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.793
Tahir, T. (2021). The Effect of Learning Styles on Students’ Mathematical Communication Ability. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 13. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i1.1378
Tiumlafu, N., Babys, U., & Bien, Y. I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.32938/jipm.7.1.2022.1-10
Sa’ud, U. S. (2010). Inovasi Pendidikan. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.430
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |