HAMBATAN BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI STATSITIKA

Nada Dwi Putri Rahima, Redo Martila Ruli

Abstract


Siswa masih sering menerima kesalahan konsep dari pembelajaran yang menimbulkan beberapa hambatan belajar. Hambatan belajar merupakan halangan yang mampu memperlambat siswa dalam memahami atau mengamplikasikan pembelajaran karena berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa SMP pada materi Statistika. Penilitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini diperoleh dari 38 siswa dari kelas VIII disalah satu SMP Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes yang terdiri dari 3 butir soal dengan bentuk uraian dan dilanjutkan dengan wawancara. Dari hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat hambatan belajar yang dialami oleh beberapa siswa SMP kelas VIII pada materi Statistika. Terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan siswa mengalami hambatan belajar. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII disalah satu SMP Kabupaten Karawang masih mengalami hambatan belajar pada materi Statistika.


Full Text:

PDF

References


Arum, D. P., Kurniawan, H., Hanik, S. U., & Anggraeni, N. D. (2022). Strategi, Hambatan, dan Tantangan Penanaman Nilai-Nilai Kesantunan Berbahasa Pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(2), 819-830.

Brousseau, G. (2002). Theory of didactical situations in mathematics : didactique des mathématiques, 4- 304. https://doi.org/10.1007/0-306-47211-2.

Hidayah, A, & Maemonah. (2022). Analisis Hambatan Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathemetics Learning and Education. 7(2), hlm. 232-240.

Indrawati, F. (2019). Hambatan dalam pembelajaran matematika. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 62-69.

Khiat, H. (2010). A Grounded Theory Approach: Conceptions of Understanding in Egineering Mathematics Learning. The Quantum Report. 15, pp. 1459-1488.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). ANALISIS HUBUNGAN RESILIENSI MATEMATIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI LINGKARAN. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 819-826.

Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20.

Nurkhasanah, I., & Ruli, R. M. (2022, January). Hambatan Epistemologi Siswa Pada Konsep Materi Himpunan. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang.

Pribadi, V. C., & Apriyanto, M. T. (2022). Analisis hambatan belajar siswa MTs Attahiriyah pada materi statistika dari sudut pandang cara mengajar selama pembelajaran online. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8.

Saputro, B. A., & Sary, R. M. (2022). Analisis Learning Obstacle Pada Materi Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Didaktis Indonesia, 2(1), 52-64.

Sari, I. P., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah program linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 39-46.

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Pratiwi, S. R. E., Walidain, M. B., & Anam, M. A. K. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Sholihah, W. (2018). Analisis hambatan belajar pada materi trigonometri dalam kemampuan pemahaman matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109-120.

Soekisno, R. B. A., Zulkarnaen, R., & Ruli, R. M. (2021). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Ditinjau Dari Analisis Uraian Materi Dan Hambatan Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1902.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. 456.

Sumarni, C., Ramadianti, W., Syofiana, M., & Jumri, R. (2023). Hambatan belajar peserta didik pada konsep faktor persekutuan terbesar. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 145-152. Doi: 10.34007/jdm.v4i2.1799.

Sunita, N. W., & Nardus, E. O. (2018). Pengaruh penerapan strategi apersepsi scene setting terhadap pemahaman konsep matematika dengan mengontrol motivasi berprestasi. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(1), 29-37.

Susilowaty, N. (2021). Jurnal Padegogik Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division. 4(1), 42–49.

Tauran, S. (2021). Pembelajaran Kooperatif Sfae Dan Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp. 4(1), 32–41.

Wahyuni, A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Dasar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 10-23.

Wantah, A., & Prastyo, H. (2022). Analisis hambatan belajar siswa smp dalam memahami konsep garis dan sudut. Jurnal Padegogik, 5(1), 54-73.

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). “Analisis hambatan belajar (learning obstacle) siswa SMP pada materi statistika”. http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/1509. Diakses 14 November 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.