SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI INDONESIA

Ayu Fitria Dwi Nuraini, Kusaeri Kusaeri

Abstract


Motivasi belajar memiliki peran penting dalam proses pendidikan, mempengaruhi keterlibatan siswa dan hasil akademik yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media pembelajaran digital dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa di Indonesia, khususnya dalam mata pelajaran Matematika. Metode penelitian adalah SLR (Systematic Literature Review). Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua puluh satu artikel jurnal dan telah melewati kriteria yang ditentukan peneliti dalam kurun waktu 2020-2024. Melibatkan pengembangan dan implementasi media pembelajaran digital seperti Liveworksheet, Quizwhizzer, dan Canva dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital dalam pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Terdapat peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran digital. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik, pengembang kurikulum, dan pembuat kebijakan dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Indonesia

Keywords


media pembelajaran digital; pembelajaran berdiferensiasi; minat belajar siswa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Clark-Wilson, A., Robutti, O., & Thomas, M. (2020). Teaching with digital technology. Zdm ZDM–Mathematics Education, 52:1223–1242, 1-20.

Collins, J. A., & Fauser, B. C. (2005). Balancing the strengths of systematic and narrative reviews. Human reproduction update, 11(2), 103-104.

Engelbrecht, J., & Borba, M. C. (2023). Recent developments in using digital technology in mathematics education. ZDM–Mathematics Education.

Elly, A., & Mulyono, D. (2024). Workshop Pembuatan E-Modul Interaktif Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SD Negeri Rantau Kasih Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 4(2), 52-58.

Ferdiansyah, M. N. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 145-153.

Hardiansyah, H., Asmawi, U. S., & Darmansyah, A. (2023). Pengembangan LKPD Interaktif dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3).

Hardiansyah, H., Febriyanti, A. D., & Saadah, S. (2022). A Journal Pengembangan Lkpd Interaktif Untuk Desain Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1).

Kiptiyah, S. M., Purwati, P. D., Trimurtini, T., Siroj, M. B., & Andriani, A. E. (2023) Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Fun AI, AR, dan VR untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensisasi di Sekolah Guru. Instructional Development Journal, 6(2), 149-157.

Khabibah, F. U., Saputra, W. N. E., & Lestariningsih, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas IV A Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(2), 318-339.

Macann, V., & Carvalho, L. (2021). Teachers use of public makerspaces to support students’ development of digital technology competencies. New Zealand Journal of Educational Studies, 1-18.

Marpaung, W. L. (2023). Analisis Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Smp Negeri 13 Medan Ta 2022/2023.

Muchlis, E. E., Priatna, N., & Maizora, S. (2023). Developing mathematical thinking skills through technology-based learning: a review of “technology-enabled mathematics education: optimising student engagement” Journal of Mathematics Teacher Education. ISBN: 9781032084535 (eb)£ 27.74.

Mufaridah, F., Yono, T., Aziza, S. N., & Aabid, M. F. (2024). Penguatan Literasi Digital Guru Untuk Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 1761-1767.

Nurhayati, N. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi. Normalita (Jurnal Pendidikan), 11(3).

Picasouw, T. E., Apituley, W. E., Pulung, R., Lilimau, R., & Saparuane, M. J. (2023). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. DIDAXEI, 4(1), 524-535.

Pino-Fan.L.R., Castro, W,. & Moll, V,F. (2023). A Macro Tool to Characterize and Develop Key Competencies for the Mathematics Teacher’ Practice. in International of Mathematics Teacher Education. Vol. (2023) 21:1407–1432.

Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49– 54.

Puspita, D., Dewi, N. C., & Putrawansyah, F. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Digital dengan Canva bagi Sekolah Penggerak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4382-4387.

Putu, J. I. D., & Aida, F. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Lkpd Online (Liveworksheet) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(2), 76-87.

Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.

Rohmah, S. N., & Andriansyah, E. H. (2024). Analisis Dampak Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 12(1).

Rojas-Sánchez, M. A., Palos-Sánchez, P. R., & Folgado-Fernández, J. A. (2023). Systematic literature review and bibliometric analysis on virtual reality and education. Education and Information Technologies, 28(1), 155-192.

Sánchez, A., Font, V., & Breda, A. (2022). Significance of creativity and its development in mathematics classes for preservice teachers who are not trained to develop students’ creativity. Mathematics Education Research Journal, 34(4), 863-885.

Sasmita, A. B., Sapti, M., & Darmono, P. B. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rme Menggunakan Media Interaktif Quizwhizzer Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 379-386.

Suhaeb, S., & Dewi, A. C. (2024). Pelatihan Implementasi Media Berbasis IT Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Di Sulawesi Selatan. Vokatek: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5-16.

Sunismi, S., Wahyuni, S., Ambarwati, A., & Zuhairi, A. (2023). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teaching at The Right Level Berbasis Media Teknologi pada Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4982-4995.

Syahputri, A. S., Dewi, C., & Widyaningrum, H. K. (2023, July). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Website Genially terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 2, No. 2, pp. 685-691).

Tamur, M., Juandi, D., & Kusumah, Y. S. (2020). The Effectiveness of the Application of Mathematical Software in Indonesia; A Meta-Analysis Study. International Journal of Instruction, 13(4), 867-884.

Triyani, R. (2024). Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 34-52.

Utami, D., Sudarmin, S., Wardani, S., & Lestari, W. (2024). Desain Media Pembelajaran Diferensiasi Mata Pelajaran Ekosistem Dengan Smart Card Dan Edugames Untuk Mengembangkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik. Trigonometri: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 11-20.

Waton, M. N. (2023). Implementasi Teknologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran Berdiferensiasi. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 2(2), 53-65.

Yulianti, A., Suyanti, & Kusuma, H. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 742–749.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.