SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI INDONESIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Clark-Wilson, A., Robutti, O., & Thomas, M. (2020). Teaching with digital technology. Zdm ZDM–Mathematics Education, 52:1223–1242, 1-20.
Collins, J. A., & Fauser, B. C. (2005). Balancing the strengths of systematic and narrative reviews. Human reproduction update, 11(2), 103-104.
Engelbrecht, J., & Borba, M. C. (2023). Recent developments in using digital technology in mathematics education. ZDM–Mathematics Education.
Elly, A., & Mulyono, D. (2024). Workshop Pembuatan E-Modul Interaktif Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SD Negeri Rantau Kasih Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 4(2), 52-58.
Ferdiansyah, M. N. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 145-153.
Hardiansyah, H., Asmawi, U. S., & Darmansyah, A. (2023). Pengembangan LKPD Interaktif dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3).
Hardiansyah, H., Febriyanti, A. D., & Saadah, S. (2022). A Journal Pengembangan Lkpd Interaktif Untuk Desain Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1).
Kiptiyah, S. M., Purwati, P. D., Trimurtini, T., Siroj, M. B., & Andriani, A. E. (2023) Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Fun AI, AR, dan VR untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensisasi di Sekolah Guru. Instructional Development Journal, 6(2), 149-157.
Khabibah, F. U., Saputra, W. N. E., & Lestariningsih, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas IV A Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(2), 318-339.
Macann, V., & Carvalho, L. (2021). Teachers use of public makerspaces to support students’ development of digital technology competencies. New Zealand Journal of Educational Studies, 1-18.
Marpaung, W. L. (2023). Analisis Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Smp Negeri 13 Medan Ta 2022/2023.
Muchlis, E. E., Priatna, N., & Maizora, S. (2023). Developing mathematical thinking skills through technology-based learning: a review of “technology-enabled mathematics education: optimising student engagement” Journal of Mathematics Teacher Education. ISBN: 9781032084535 (eb)£ 27.74.
Mufaridah, F., Yono, T., Aziza, S. N., & Aabid, M. F. (2024). Penguatan Literasi Digital Guru Untuk Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 1761-1767.
Nurhayati, N. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi. Normalita (Jurnal Pendidikan), 11(3).
Picasouw, T. E., Apituley, W. E., Pulung, R., Lilimau, R., & Saparuane, M. J. (2023). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. DIDAXEI, 4(1), 524-535.
Pino-Fan.L.R., Castro, W,. & Moll, V,F. (2023). A Macro Tool to Characterize and Develop Key Competencies for the Mathematics Teacher’ Practice. in International of Mathematics Teacher Education. Vol. (2023) 21:1407–1432.
Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49– 54.
Puspita, D., Dewi, N. C., & Putrawansyah, F. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Digital dengan Canva bagi Sekolah Penggerak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4382-4387.
Putu, J. I. D., & Aida, F. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Lkpd Online (Liveworksheet) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(2), 76-87.
Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.
Rohmah, S. N., & Andriansyah, E. H. (2024). Analisis Dampak Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 12(1).
Rojas-Sánchez, M. A., Palos-Sánchez, P. R., & Folgado-Fernández, J. A. (2023). Systematic literature review and bibliometric analysis on virtual reality and education. Education and Information Technologies, 28(1), 155-192.
Sánchez, A., Font, V., & Breda, A. (2022). Significance of creativity and its development in mathematics classes for preservice teachers who are not trained to develop students’ creativity. Mathematics Education Research Journal, 34(4), 863-885.
Sasmita, A. B., Sapti, M., & Darmono, P. B. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rme Menggunakan Media Interaktif Quizwhizzer Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 379-386.
Suhaeb, S., & Dewi, A. C. (2024). Pelatihan Implementasi Media Berbasis IT Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Di Sulawesi Selatan. Vokatek: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5-16.
Sunismi, S., Wahyuni, S., Ambarwati, A., & Zuhairi, A. (2023). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teaching at The Right Level Berbasis Media Teknologi pada Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4982-4995.
Syahputri, A. S., Dewi, C., & Widyaningrum, H. K. (2023, July). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Website Genially terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 2, No. 2, pp. 685-691).
Tamur, M., Juandi, D., & Kusumah, Y. S. (2020). The Effectiveness of the Application of Mathematical Software in Indonesia; A Meta-Analysis Study. International Journal of Instruction, 13(4), 867-884.
Triyani, R. (2024). Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 34-52.
Utami, D., Sudarmin, S., Wardani, S., & Lestari, W. (2024). Desain Media Pembelajaran Diferensiasi Mata Pelajaran Ekosistem Dengan Smart Card Dan Edugames Untuk Mengembangkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik. Trigonometri: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 11-20.
Waton, M. N. (2023). Implementasi Teknologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran Berdiferensiasi. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 2(2), 53-65.
Yulianti, A., Suyanti, & Kusuma, H. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 742–749.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.439
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |