PROFIL KELANCARAN PROSEDURAL DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SISWA PADA MATERI SPLDV

Siska Susilawati, Hanifah Nurus Sopiany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kelancaran prosedural siswa ditinjau dari gaya berpikir yang dimiliki oleh siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jenis gaya berpikir siswa dibedakan menjadi 4, yaitu Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitiannya yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa dari kelas X TKJ 1 berdasarkan 4 jenis gaya berpikir yang berbeda. Pengambilan subjek ini melalui teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya berpikir, instrumen tes kelancaran prosedural dan wawancara. Subjek dengan gaya berpikir sekuensial konkret memenuhi indikator kelancaran prosedural dengan lengkap, subjek dengan gaya berpikir acak konkret memenuhi indikator kelancaran prosedural dengan tidak lengkap, subjek dengan gaya berpikir sekuensial abstrak memenuhi indikator kelancaran prosedural dengan tidak lengkap, dan subjek dengan gaya berpikir acak abstrak memenuhi indikator kelancaran prosedural dengan lengkap. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi siswa dan peneliti selanjutnya.

 

Kata kunci: Gaya Berpikir, Kelancaran Prosedural, SPLDV

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.