KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA

Silvi Widyanawati, Suprananto Suprananto

Abstract


Peran guru di sekolah sangatlah penting untuk membimbing peserta didik, karena guru merupakan penggerak sekaligus sumber belajar yang berkaitan erat dengan kesiapan membimbing dalam proses belajar dan peguasaan ilmu atau materi yang dimilikinya. Adapun dalam membimbing guru perlu melihat beberapa aspek, salah satunya yaitu bagaimana meningkatkan kreativitas peserta didik dalam mengembangkan kemampuan kognitifnya, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis matematis untuk memecahkan suatu permalasahan yang dimana hal tersebut harus ada dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi statistika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dekskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian kelas VIII di salah satu SMPN 2 Cibarusah.  Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data yaitu tes uraian yang terdiri dari 5 soal kemampuan berpikir kritis matematis. Berdasarkan hasil analisis yang diujikan, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII di salah satu SMPN 2 Cibarusah tergolong sedang.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Statistika

Full Text:

PDF

References


Introvert, E. D., & Sa’diyah, K. H. A. L. I. M. A. T. U. S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X SMKN 2 Semarang Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Tipe Kepribadian.

Widyanawati, S., & Firmansyah, D. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Prosiding Sesiomadika, 4(1).

Safira, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Khusus di MTsN 1 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil berpikir siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 68-83.

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian pendidikan matematika.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan problem posing. Jurnal peluang, 4(1).

Noor, N. L. A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari gaya kognitif implusif dan reflektif. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(1), 37-46.

Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran daring pada materi segi empat. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(1), 32-39.

Marissa, E. I., Mariani, S., & Agoestanto, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.