ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Sefiani Farda Yunisha, Rina Marlina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang pada tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu instrumen tes berupa delapan soal uraian yang memuat enam indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang mampu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari mencapai 47%, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika mencapai 62%, menerapkan konsep secara algoritma mencapai 47%, memberikan contoh dari konsep yang dipelajari mencapai 37%, menyajikan konsep dalam berbagai representasi mencapai 22%, dan mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal mencapai 12%.

Full Text:

PDF

References


Andini, U. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal matematika Materi Pertidaksamaan harga Mutlak. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951– 952., 2(1), 2013–2015.

Darmawati, V. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan pmri terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204-214.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24-32.

Khairani, B. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA/MA pada materi barisan dan deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1578-1587.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252-261.

Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Kelas VII pada materi bentuk aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 639-648.

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2286-2297.

Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303-312.

Wijaya, T. T., Hidayat, W., Hermita, N., Alim, J. A., & Talib, C. A. (2024). Exploring contributing factors to PISA 2022 mathematics achievement: Insights from Indonesian teachers. Infinity Journal, 13(1), 139-156.

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan pemahaman konsep matematis dengan kemandirian belajar siswa pada kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439-448




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.