PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

Tita Yuniarti, Hetty Patmawati, Depi Setialesmana

Abstract


Kemampuan literasi matematika menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa. Namun kenyatanyaannya banyak siswa yang tergolong masih rendah dalam kemampuan literasi matematika. Untuk itu perlu adanya peningkatan kemampuan literasi matematika, salah satunya melalui pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasn logis matematis. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan logis matematis dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu pra eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya berjumlah 11 kelas. Sampel ditentukan dengan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VIII J sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan isntrumen tes yaitu tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan literasi matematika siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika deskriptif dilakukan dengan perhitungan N-Gain tes kemampuan literasi matematika siswa. Selanjutnya analisis statistika inferensial terlebih dahulu dilakukan dengan uji normalitas dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan logis matematis dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dengan skor rerata N-Gain 0,56.

Keywords


kecerdasan logis matematis; kemampuan literasi matematika; pembelajaran berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Adawiyyah, R., Agustini, F., & Sari, R. N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa SD Kelas II. As-Sabiqun, 6, 312–324. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i2.4558

Anggraena, Y. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Ardiyansyah, A. A., Hidayanto, E., & Martianingsih, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika pada Materi Segitiga Kelas 7. Seminar Nasional Pendidikan IPA Dan Matematika Ke-1 Universitas Negeri Malang, 2018, 413–420. http://ipa.fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/64.pdf

Balkist, P. S., Dasari, D., & Fitriasari, P. (2023). Analisis Pengalaman Pengembangan Diri Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Yang Berdiferensiasi Dan Mendorong Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1297–1308. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6829

Farida, Y., Alam, H. V, Hafid, R., Umar, Z. A., & Pakaya, A. (2023). Application of Differentiated Learning Strategies to The Learning Outcomes of Public Junior High School Students in Yendidori District, Papua Province. European Journal of Humanities and Educational Advancenebts (EJHEA), 4(8), 29–36. https://www.scholarzest.com/index.php/ejhea/article/view/3763/3006

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 7(3), 222–237. https://ijemst.org/index.php/ijemst/article/view/611/179

Kamila, H. R., Cahyaningrum, S. E., & Sanjaya, I. G. M. (2023). Effectiveness of Differentiated Learning Materials Oriented toward Nature of Science to Improve Scientific Literacy Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9, 1968–1973. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.2995

Moutawaqil, N. El, & Nisa, A. F. (2023). Peningkatan Literasi melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 395–407. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1116/650

Nindriyati, D. (2022). Hubungan Kecerdasan Logis Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Instruksional, 3, 187–196. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.2.187-196

OECD. (2023). PISA 2022 Results. Organization for Economic Cooperation and Development. https://www.oecd.org/pisa/

Rahmah, L., Setiono, & Ramdhan, B. (2023). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berdiferensiasi Berbasis Multiple Intelligence Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11, 908–923. https://doi.org/1033394/bioscientist.v11i2.8405

Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 1223–1237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.607

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.