PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PLICKERS TERHADAP KEMAMPUAN BEPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP PRAYATNA MEDAN

Atsnaini Zahro Nainggolan, Katrina Samosir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media  plickers terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (2) seberapa besar pengaruh discovery learning berbantuan media  plickers terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan (3) kategori rata-rata peningkatan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media plickers pada materi Teorema Phytagoras kelas VIII SMP Prayatna Medan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan koresional. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh sampelnya yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Prayatna Medan T.A 2023/2024. Insturem yang digunakan yaitu angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dengan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung = 30,650, dengan nilai signifikansi = 0,000. Berarti nilai Sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Maka kriteria H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, (1) terdapat pengaruh yang dari model pembelajaran discovery learning berbantuan media plickers, (2) dapat dilihat besar pengaruh yang menggunakan koefisien determinasi didapatkan sebesar 0,523 atau 52,3%. Serta (3) diperoleh kategori rata-rata peningkatan melalui uji n-gain dengan kategori sedang sebesar 0,64.


Keywords


discovery learning, kemampuan berpikir kritis,media plickers

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 151–158. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.378

Feriyanto, & Oktaviana, R. (2020). Buku Ajar Matematika Berbasis Literasi dan Soal HOTS untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMA. CV Budi Utama.

Firdayati, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Discovery Learning Dengan Geogebra Pada Materi Transformasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 833. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2899

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hasratuddin. (2015). Menapa Harus Belajar Matematika. Perdana Publishing.

Hidayat, R. (2019). Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori dan Aplikasinya. LPPPI.

Islahuddin, Ilyas, M., Basir, F., & Amini, S. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta didik dan Habits Of Mind (Striving For Accuracy) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 107–116. http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1061

Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. CV. Pustaka Setia.

Komariyah, & Laili. (2018). Pengaruh kemampuan Berfikir Kritis. Terhadap hasil belajar Matematika . Penelitian Dan Guruan Matematika, 4.

Lestari, E. T. (2020). Model Pembelajaran : Discovery Learning di Sekolah Dasar.

Lia Marliana, N., Suhertuti, & Latifah, P. (2018). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. PT Remaja Rosdakarya.

Melati, S., Heffi, A., Arsih, F., Anggriyani, R., & Zuryana, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Sutera. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(November), 286–291. https://doi.org/10.37728/jpr.v7i3.587

Mulyono. (2018). Model-Model Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Rofiq, M. A. (2019). Keefektifan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(2), 20–25. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i2.14

Ruswana, A. ., & Zammah, L. . (2018). Korelasi antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahapeserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 381–388.

Setiyani, M. S., & Sumbawati, M. S. (2020). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA PLICKERS UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. 2507(February), 1–9.

Silitonga, P. M. (2014). Statistik : Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan.

Solmaz, E., & Cetin, E. (2017). Ask_Response-Play-Learn: Students’ Views on Gamification Interactive Response Systems. Journal of Educational Studies in the World, 7, 28–40.

Sood, V. (2013). Effect of mastery learning strategies on concept attainment in geometry among high school students. International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences, 2.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian. Alfabeta.

Sukayati, & Suharjana. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. PPPPTK Matematika.

Suryadi, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran. CV Jejak.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahapeserta didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Yensy, N. (2011). Penerapat Strategi Pembelajaran “Keong” untuk Mengoptimalkan Penguasaan Konsep Bilangan Irrasional. Pendidikan Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.