UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL)

Ghevira Raudatul Jannah, Haerudin Haerudin

Abstract


Tujuan penulisan karya ini untuk megetahui upaya meningkatkan minat belajar matematika menggunakan Inquiry Based Learning (IBL) di SMA Negeri 1 Cikarang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menyelidiki upaya meningkatkan minat belajar matematika melalui IBL di SMA Negeri 1 Cikarang Barat. Sumber data mencakup observasi langsung di kelas matematika, wawancara dengan guru dan siswa, serta tinjauan kurikulum sekolah. Teknik pengumpulan data melibatkan Checklist Observasi dan pedoman wawancara, sementara analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan temuan signifikan terkait penerapan IBL. Hasil iImplementasi IBL di SMA Negeri 1 Cikarang Barat yaitu a) pemilihan materi yang relevan, b) kegiatan eksplorasi dan diskusi, c) pemecahan masalah kontekstual, d) penggunaan teknologi, s) evaluasi formatif. Implementasi Inquiry-Based Learning di SMA Negeri 1 Cikarang Barat berhasil meningkatkan minat belajar matematika dengan memadukan pemilihan materi yang relevan, kegiatan eksplorasi, dan penerapan teknologi. Pemecahan masalah kontekstual dan evaluasi formatif juga memberikan dimensi praktis dan umpan balik berkelanjutan. Saran untuk perbaikan lebih lanjut adalah terus memantau respons siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran agar tetap menarik dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan siswa.


Full Text:

PDF

References


Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap perkembangan kognitif matematika siswa SMP kelas VII berdasarkan teori Piaget ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Dinnullah, R. N. I. (2018). Perbedaan model problem based learning dan discovery-inquiry ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Jurnal Mercumatika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8.

Handayani, T. W. (2018). Peningkatan pemahaman konsep IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SD. Edutainment, 6(2), 130–153.

Ismayadi, M. (2018). Perbandingan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model problem based learning dan model reciprocal teaching di smp swasta Al-Washliyah 8 medan tahun ajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48.

Kusmaryono, H., & Setiawati, R. (2013). Penerapan inquiry based learning untuk mengetahui respon belajar siswa pada materi konsep dan pengelolaan koperasi. Dinamika Pendidikan, 8(2).

Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Pratomo, W. (2018). Hak warga negara dalam memperoleh pendidikan dasar di Indonesia. Trihayu, 4(3), 259091.

Nurjanah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Operasi Bilangan Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 105–119.

Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Putri, R. M., Wanabuliandari, S., & Fardani, M. A. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Mi Tarbiyatul Islamiyah Didesa Winong. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 29–36.

Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya meningkatkan minat belajar matematika menggunakan inquiry based learning setting group investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161.

Sulastri, N. K. (2021). Efektivitas penggunaan Dwibahasa dalam proses pembelajaran matematika. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.